MTQ ke-XI di Morowali Dibuka Resmi, Wakil Bupati: Menjadi Angin Segar Petkembangan Seni Islam

  • Bagikan

MOROWALI, Kabar Selebes – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI tingkat Kabupaten Morowali pada 2021 dibuka secara resmi Wakil Bupati Morowali, Najamudin.

Pelaksanaan MTQ ke-XI tahun ini dilaksanakan di Desa Bahonsuai, Kecamatan Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, yang dibuka secara resmi pada Senin (25/10/2021) petang.

MTQ ke-XI mengusung tema “Melalui Pelaksanaan MTQ tahun 2021 Kita Wujudkan Generasi Qur’ani yang Unggul dan Hebat di Masa Pandemi Menuju Morowali Sejahtera Bersama”.

Najamudin mengatakan, bahwa tujuan MTQ adalah untuk mendekatkan jiwa ummat Islam kepada kitab suci dan meningkatkan semangat membaca, mempelajari serta mengamalkan Al-Qur’an.

Dikatakannya, bahwa MTQ ini untuk meningkatkan semangat ummat Islam membaca dan mempelajari serta mengamalkan kandungan Al-Qur’an.

“MTQ berarti sebagai bentuk perlombaan yang memadukan antara suara merdu, keharmonisan lagu dan irama tanpa melanggar kaidah tajwid dan diiringi dengan adab membaca Al- Qur’an,” jelasnya.

Para peserta diharapkan tidak membaca Al-Qur’an untuk mengadu nasib, sehingga menghilangkan niat dan rasa ikhlas karena ALLAH Subhana Wa’ Ta’ala.

Peserta MTQ juga diharapkan menjauhi riya atau beramal bukan karena ALLAH Subhana Wa’ Ta’ala dan sum’ah atau sikap menyembunyikan amalnya untuk ALLAH Subhana Wa’ Ta’ala, serta keinginan untuk mendapatkan dunia atau hadiah dari amalan agama.

Sasaran yang diminta menurut syarat ialah memperindah suara yang dapat mendorong untuk merenungkan dan memahami Al-Qur’an yang mulia dengan khusyuk, tunduk dan patuh serta penuh ketaatan.

“Pelaksanaan MTQ ke-XI menjadi angin segar perkembangan seni Islami di Morowali,” harap Najamudin.

Diharapkannya lagi, melalui lantunan merdu para Qori dan Qoriah MTQ ke-XI menjadi angin segar demi perkembangan seni islami ditengah maraknya industri pertelevisian dan lainnya, khisusnya di daerah industri Morowali. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan