Trinita Botuale dan Budi Tridaryanto Terpilih Sebagai Duta GenRe Morut 2021

MORUT, Kabar Selebes – Trinita Botuale dari Kecamatan Petasia tampil sebagai juara I putri pada pemilihan Duta GenRe Kabupaten Morowali Utara tahun 2021.

Sedangkan Budi Tridaryanto dari Kecamatan Lembo juara I Putra. Atas prestasi itu, baik Trinita maupun Budi mendapatkan hadiah dan penghargaan.

Pengumuman dan penyematan Duta GenRe itu dilakukan bertepatan dengan upacara HUT ke-8 Kabupaten Morowali Utara di pelataran Kantor Bupati di Kolonodale, Sabtu siang.

GenRe adalah singkatan dari Generasi Berencana yang diluncurkan pemerintah melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

BACA JUGA :  Bupati Resmikan Rumah Adat dan GOR Desa Kumpi Melalui Prosesi Adat

Program GenRe dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan.

Dengan program ini para remaja diharapkan mampu melaksanakan jenjang pendidikan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesui siklus kesegaran reproduksi.

Pemilihan Duta GenRe Morut diikuti 20 peserta mewakili sepuluh kecamatan se-Morut. Tiap kecamatan mengutus 1 putri dan 1 putra.

Berdasarkan penilaian tim juri, terdapat enam orang atau tiga pasang pemenang yang dinobatkan saat itu. Selengkapnya adalah:

BACA JUGA :  Wabup Morut Ingatkan Jangan Sampai Ada Oknum PNS Sebarkan Isu Hoax Tentang Manfaat Vaksinasi

Pemenang Putri adalah juara I Trinita Botuale (Kec Petasia), juara II Jaquiline C. Botuale (Kec. Mori Atas), juara III Asty Cahyani (Kec. Soyo Jaya).

Sedangkan pemenang Putra adalah juara I Budi Tridaryanto (Kec. Lembo), juara II Yonatan Lamaindi (Kec. Mori Atas), juara III Muhid Rianto (Kec. Soyo Jaya).

Penyematan Duta GenRe Kabupaten Morowali Utara tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan Wabup Morut H. Djira K.

BACA JUGA :  Wabup Morut Harapkan Gugus Tugas Reforma Agraria Utamakan Kepentingan Masyarakat

Proses pemilihan Duta GenRe ini berlangsung selama dua hari. Mereka mengikuti pembekalan dan seleksi yang ketat.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Daerah Kabupaten Morowali Utara Drs. Romelius Sapara mengemukakan pembinaan remaja melalui program GenRe sangat penting untuk mempersiapkan generasi yang tangguh dan terencana. (Ale/Ryo)

Silakan komentar Anda Disini....