IMIP Gelar Aksi Donor Darah Peringati Sumpah Pemuda

  • Bagikan

MOROWALI, Kabar Selebes– Memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada 28 Oktober setiap tahunnya, PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), menggelar aksi donor darah dengan melibatkan PMI Kabupaten Morowali dan Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT). Kegiatan itu digelar selama dua hari mulai 28 – 29 Oktober 2021 di Aula Kantor Kecamatan Bahodopi.


Dalam sambutannya, Camat Bahodopi, Tahir SE mengatakan, aksi sosial seperti ini sejatinya telah diselenggarakan hampir setiap tahunnya di Kecamatan Bahodopi bahkan di lingkungan perusahaan PT IMIP sendiri. Hanya saja, baik organisasi masyarakat dan atau pihak perusahaan saat menggelar aksi donor kerap menggandeng pihak PMI Sulawesi Tenggara. Alasannya, adanya keterbatasan fasilitas penampungan darah di PMI Kabupaten Morowali.


“Terkadang kita kelompok relawan dilema saat mau menggelar aksi donor darah, karena daya tampung kita sangat terbatas. Sehingga, tahun-tahun sebelumnya kita selalu menggandeng PMI Sulawesi Tenggara, karena keterbatasan itu. Olehnya itu, ini menjadi problem yang harus diselesaikan bersama. Baik dari pihak pemerintah, masyarakat dan perusahaan,” jelas Tahir SE.


Di tempat yang sama, mewakili Ketua PMI Morowali Hj Asnoni Taslim, Gunawan mengatakan, pihaknya menyadari bahwa fasilitas penunjang yang dimiliki oleh PMI Morowali belum sepenuhnya memadai. Meski begitu, kata dia, masih dapat digunakan dengan membatasi daya tampungnya.


“Hampir setiap hari, kita dapati postingan di sosial media yang membutuhkan darah. Hanya saja, kebutuhan dan stok yang ada itu tidak seimbang. Sehingga, melalui kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menggerakkan nurani seluruh relawan untuk berkontribusi nyata demi kesehatan bersama. Kita sangat berharap aksi seperti ini bisa menjadi rutinitas paling kurang tiga bulan sekali,” jelas Gunawan.


Sementara, mewakili manajemen PT IMIP, Koordinator Community Relation PT IMIP, Thomas Deni Bintoro mengatakan, pihaknya berharap setetes darah yang telah disumbangkan oleh para relawan donor, bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Melalui spirit sumpah pemuda, jelasnya lagi, saatnya berlomba guna berkontribusi secara positif bagi Bahodopi yang maju.


“Sejatinya PT IMIP akan selalu ada di setiap aksi sosial baik yang dilakukan oleh masyarakat Bahodopi maupun Morowali secara umum. Melalui aksi ini, manajemen berharap bersama kita membangun daerah kita yang lebih maju dengan hal-hal yang positif tentunya,” kata Deni.


Ketua KKLT Morowali, Jefryadi ST mengatakan, ini kali kedua KKLT menggelar aksi donor di Bahodopi. Hari ini, pihaknya akan menargetkan 250 pendonor begitu juga dengan hari berikutnya. Sehingga ditargetkan akan terdapat 500 kantong darah yang bisa didistribusikan kepada orang yang membutuhkan.


“Kegiatan ini tentu diharapkan mampu memberikan peran pemuda yang lebih positif. Terlebih dalam spirit sumpah pemuda, terkandung nilai-nilai diantaranya persatuan dan pengorbanan. Hari ini kita sudah bersatu, berkolaborasi untuk membangun daerah kita bersama,” terangnya. (*)

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan