Reses DPRD Kota Palu, Warga Keluhkan Lesunya Perekonomian di Tengah Pandemi Covid -19

  • Bagikan
Wakil Ketua ll DPRD Kota Palu Rizal Daeng Mattawang saat membagikan paket sembako untuk warga di Kecamatan Ulujadi, Jumat (2910/2021).

PALU, Kabar Selebes – Wakil Ketua II  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Palu, Muhammad Rizal Daeng Mattawang mendapat keluhan langsung dari masyarakat saat reses di daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Palu Barat dan Ulujadi. Warga mengeluhkan sulitnya perekonomian di tengah pandemi Covid -19.

Selama tiga hari pelaksanaan reses itu, Rizal menjelaskan, ada enam poin aspirasi yang banyak dikeluhkan masyarakat. Mulai dari bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) hingga masalah infrastruktur.

“Pertama, terkait UMKM soal KUBE. Karena saat ini masyarakat terdampak Covid-19 ekonominya sangat berdampak,” kata Rizal, Jumat (29/10/2021).

Aspirasi lainnya terkait penerangan jalan. Menurutnya, masyarakat sangat membutuhkan penerangan jalan umum (PJU) untuk meminimalisasi hal-hal tidak diinginkan saat malam hari.

Selain itu, masyarakat juga meminta perbaikan infrastruktur, utamanya jalan-jalan lorong. Kemudian, kata dia, terkait kebersihan alias masalah persampahan.

“Selanjutnya, masalah BPJS Kesehatan. Banyak masyarakat yang tidak sanggup membayar secara mandiri. Mereka berharap, bisa mendapat bantuan pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan yang ditanggung Pemerintah,” katanya.

Selanjutnya, aspirasi banyak dikeluhkan masyarakat yakni terkait Program Indonesia Pintar (PIP) bagi peserta didik yang tidak merata.

“Mereka yang belum tersentuh bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun bantuan pemerintah lainnya, berharap paling tidak mendapat bantuan pendidikan terutama bagi jenjang SMA dan perkuliahan,” pungkasnya.

Rizal juga menjelaskan bahwa Kegiatan reses dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mencuci tangan, tidak berkerumunan, hingga memakai masker.

Jika pada sebelumnya pelaksanaan reses dengan konsep makan di prasmanan namun dengan adanya pandemi Covid -19 dilakukan dengan pembagian paket bantuan yang berisi beras, minyak kelapa dan gula.

“Karena sekarang masih pandemi covid -19 jadi reses kita hanya bagikan paket sembako bukan lagi makan di prasmanan, ini untuk menghindari penyebaran virus corona,” pungkasnya. (iz)

Laporan : Indrawati

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan