Dinkes Sulteng Gencar Lakukan Edukasi Vaksinasi Ibu Hamil di 6 Kabupaten

  • Bagikan
Djawaluddin

PALU, Kabar Selebes – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melalui seksi promosi kesehatan (promkes) dan pemberdayaan masyarakat  gencar melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai vaksinasi untuk ibu hamil di 6 kabupaten kota. Sebab cakupannya vaksinasi ibu hamil hingga kini dinilai masih minim mengingat kurangnya pemahaman masyarakat terkait vaksinasi yang juga aman bagi ibu hamil.

“Kaitannya dengan vaksinasi yang pasti kami melalui edukasi, barusan kami mengadakan sosialisasi edukasi vaksinasi khususnya untuk ibu hamil karena ada ketakutan tersendiri bagi ibu hamil untuk melakukan vaksinasi,” kata Djawaluddin, kepala seksi Promosi Kesehatan Dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa (02/10/2021).

Ia menjelaskan bahwa terdapat 6 kabupaten yang menjadi sasaran utama dalam melakukan edukasi vaksinasi untuk  ibu hamil yakni kabupaten Banggai, Kabupaten Buol, Kabupaten Morowali, Kabupaten Morowali Utara, Kabupaten Poso, dan Kabupaten Tolitoli.

Memberikan informasi yang lebih baik dan akurat dianggap sangat penting sehingga pihaknya turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman agar ketakutan ketakutan yang dirasakan oleh masyarakat khususnya ibu hamil bisa dihilangkan dan segera melakukan vaksinasi untuk pencegahan virus Covid -19.

Selain itu kurangnya taunya mengenai manfaat vaksinasi khususnya ibu hamil juga dianggap menjadi salah satu minimnya minat ibu hamil dalam melakukan vaksinasi Covid -19.

Dari data dinas kesehatan provinsi sulawesi tengah Sejauh ini efek vaksinasi terhadap ibu hamil belum ada.

“Selama ini tidak ada efek makanya kita jangan membandingkan dengan daerah lain,selama ini kan tidak ada yang terjadi kita di Sulteng,” tuturnya.

Untuk itu peran media hingga masyarakat dianggap sangat penting untuk mengedukasi masyarakat terkait vaksinasi khususnya ibu hamil untuk pencegahan dan penularan Virus Covid -19.

Selain itu ia juga menghimbau agar masyarakat dalam melakukan aktifitas tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun,  menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas dan menjaga jarak agar terhindar dari penyebaran dan virus Covid -19. (iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan