Semarakkan Hari Kesehatan Nasional, Dinkes Sulawesi Tengah Sosialisasikan Prokes

  • Bagikan
Yudiawati Vidiana

PALU, Kabar Selebes – Dalam menyemarakkan hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-57, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah melakukan serangkaian kegiatan diantaranya sosialisasi penerapan protokol kesehatan. Seperti pembagian ratusan paket masker dan hand sanitizer di 15 sekolah baik sekolah dasar sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas  hingga sekolah luar biasa (SLB).

“Pelaksanaan kegiatan hari kesehatan nasional dengan tema sehat Negeriku tumbuh Indonesiaku, kami dinas kesehatan Sulteng melakukan beberapa rangkaian kegiatan yang kita mulai sejak tanggal 6 November 2021 dan akan berakhir pada acara hari puncak pada tanggal 12 November.Yang pertama yaitu pembagian masker yang dilakukan di sekolah mulai dari SD, SMP,SMA,SMK,termasuk di SLB,” kata Yudiawati Vidiana, kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulteng, Kamis (11/11/2021).

Selanjutnya, moment perayaan HKN ke-57 akan berakhir pada tanggal 18 November 2021 dengan melakukan acara ramah tamah dan diskusi dengan gubernur Sulawesi Tengah.

Ia menjelaskan bahwa pembagian paket masker dan hand sanitizer merupakan salah satu bentuk upaya untuk mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Selain pembagian paket masker dan hand sanitizer dinas kesehatan Sulteng juga melakukan penyemprotan disinfektan di tiap-tiap sekolah yang dikunjungi diantaranya SMPN 9,SMPN 20, SDN 3 Mamboro, SDN 3 Lambara.

“Kami sengaja memilih SD yang diluar kota palu karena kita kalau yang di dalam kita pastikan semua anak anak itu sudah ada masker baik dari orang tua maupun dari pihak sekolah sehingga kita menyisir daerah pinggiran tetapi kami juga mengimbau kepada tiap kabupaten untuk melakukan itu,” ungkapnya.

Yudiawati yang juga sebagai ketua panitia menyebutkan bahwa dalam menyemarakkan hari kesehatan nasional (HKN) Ke 57 tahun. Selain pembagian masker, pihaknya juga melakukan edukasi dan promosi kesehatan baik berupa tulisan di media juga pada masyarakat dan pemasangan baliho atau benner yang dilakukan oleh seksi promosi kesehatan.

Sosialisasi gerakan makan buah dan sayur juga turut dikampanyekan untuk mendukung intruksi presiden nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Untuk meminimalisir penyebaran Covid -19 di Sulteng ia menghimbau kepada masyarakat agar jangan lengah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Meski saat ini angka penyebaran dan penularan virus Covid -19 di Sulteng telah menurun.

Penerapan protokol kesehatan yang dimaksud adalah memakai masker, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

“Kita juga akan terus siapkan prokes prokes terutama di Puskesmas Puskesmas dalam upaya meminimalisir penyebaran Virus Covid -19,” pungkasnya. (iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan