Sulawesi Tengah

Bupati Buka Operasi Bibir Sumbing yang digelar Smile Train di RSUD Kolonodale

6
×

Bupati Buka Operasi Bibir Sumbing yang digelar Smile Train di RSUD Kolonodale

Sebarkan artikel ini

MORUT, Kabar Selebes – Smile Train dan Yayasan P4CBL bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Morowali dan Morowali Utara melaksanakan operasi bibir sumbing selama dua hari di RSUD Kolonodale.

Bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-8 Kabupaten Morowali Utara dan bertepatan pula dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 pada 12 November 2022.

Bupati Morut Dr. dr. Delis Julkarson Hehi, MARS membuka secara resmi dimulainya kegiatan sosial itu.

Pada kesempatan tersebut hadir pula Sekda Musda Guntur, Asisten I Viktor Tamehi, Ketua DPRD Morut Hj Megawati Ambo Asa, dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemda Morut.

BACA JUGA :  Bupati Morut ikut tembak-tembakan pada pembukaan turnamen Airsoftgun Morokoa Operation II Tahun 2022

Ketua Panitia Penyelenggara Delfina Cepi dari Smile Train mengemukakan, kegiatan ini sebagai bentuk perhatian khusus dalam hal memfasilitasi operasi celah bibir dan celah langit-langit secara gratis kepada pasien tidak mampu.

Selain itu, bakti sosial ini sebagai upaya agar penderita kelainan celah bibir dan langit-langit dapat bangkit dan memiliki kepercayaan diri di tengah masyarakat.

BACA JUGA :  Bupati Delis: Buktikan Bahwa Kita Mampu Mewujudkan Cita Cita Para Pahlawan

Menurut Delfina, hingga saat ini sudah terdaftar 30 orang pasien yang siap dioperasi bibir sumbing.

Operasi ini ditangani dua dokter ahli yakni drg. Gazali Sp.BM dari Makkasar dan drg. Irmawati Rahim Sp.BM dari Morowali.

Bupati Morut mengapresiasi dan berterima kasih atas inisiatif Smile Train dan P4CBL yang melakukan pelayanan operasi bibir sumbing atau celah bibir dan celah langit-langit di Morut.

“Kegiatan ini selaras dengan visi dan misi Pemda Morut saat ini yakni mewujudkan masyarakat yang sehat cerdas dan sejahtera (SCS). Operasi ini sangat besar manfaatnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Hadiri Rakornas Toponimi dan Batas Daerah, Bupati Morut : Penegasan Batas dan Kode Wilayah Tentukan Keberhasilan Pemilu Serentak

Bupati juga mengatakan bakti sosial seperti ini juga merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

“Sebab, apapun profesi kita, di sana selalu ada nilai kemanusiaan dan nilai sosial. Inilah yang dilakukan hari ini,” tambahnya.

Bagi para pasien dan orangtuanya, kata bupati, operasi yang dilakukan secara gratis ini sangat besar manfaatnya. Anak-anak yang tadinya selalu merasa rendah diri akan kembali kepercayaan dirinya. (Ryo/Ope)