Peringatan HKN ke-57, Gubernur Sulteng Minta Pelayanan Vaksin dan Kesehatan jangan Terabaikan

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes – Momen perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 yang jatuh pada tanggal 12 November 2021 yang dilaksanakan di halaman kantor Dinas Kesehatan Sulteng diharapkan menjadi momen bangkitnya semangat dan optimisme komponen masyarakat Indonesia dalam bahu membahu dan bergotong royong dalam menyelesaikan pandemi Covid-19. Hal ini terkait dengan kerjasama masyarakat dalam menurunkan angka kasus Covid-19 yang semakin hari semakin menurun.

Dalam sambutannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Komang Adi Sujendra mengatakan bahwa pandemi sudah mulai menurun termasuk di Sulawesi Tengah, sebanyak 47.077 kasus Covid-19, meninggal 33,9 persen dan kasus aktif saat ini tersisa 58 orang atau tinggal 0,12 persen dan sudah mengamalami kesembuhan sebanyak 96,48 persen. 

“Adapaun capaian vaksinasi perhari kemarin mencapai 44  persen untuk dosis pertama dan untuk dosis ke dua 22,6 persen,” kata dr Komang Adi Sujendra Jumat (12/11/2021).

Dalam momen peringatan HKN ke-57 diharapkan dapat menjadi upaya dalam rangka mengedukasi, mengubah perilaku, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19. Serta memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam upaya penanganan dan pencegahan virus Covid-19.

Selanjutnya mendorong penguatan fasilitas kesehatan dalam upaya promotif dan preventif sehingga seluruh komponen ,masyarakat dapat kembali produktif diera adaptasi kebiasaan baru.

Sementara itu Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi mastura dalam sambutannya mengatakan, bahwa saat ini dan kedepannya masih banyak kendala yang harus dihadapai bersama sehingga pemerintah harus berkolaborasi secara profesional yang dilandasi moral terutama dalam mengerai pandemi Covid-19.

“Peringatan HKN ini harus kita jadikan sebagai langkah cepat untuk bergerak dalam membangun masyarakat. Pembagian vaksin yang belum merata terutamanya, namun pelayanan kesehatan di rumah sakit dan Puskesmas jangan sampai terabaikan tetapi ditingkatkan agar ke depannya Sulawesi Tengah bisa menjadi lebih sehat lebih sejahtera dan lebih maju,” kata Rusdy Mastura.

Pandemic Covid-19 merupakan krisis kesehatan global yang penyebarannya sampai di 225 negara termasuk Indonesia. Di momen peringatan HKN Indonesia berhasil menurunkan lonjakan kasus covid-19 termasuk Sulteng yang saat ini berada pada posisi level ll. Meski demikian gubernur berharap bahwa penurun angka covid-19 ini tetap membuat masyarakat waspada dan tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menjaga jarak serta meningkatkan kapasitas 3T (testing,tracing,dan treatment).

“Diharapkan menjadi penyemangat bagi pembanguan khususnya para pegiat sektor kesehatan untuk terus bangkit dari kondisi pandemic Covid-19 sekaligus menjadi awal pulih berbagai sektor utamanya pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tutup Rusdi Mastura. (iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan