Rakor Timpora Perkuat Sinergitas dalam Pengawasan Orang Asing di Banggai

  • Bagikan

BANGGAI, Kabar Selebes – Perkuat sinergitas dengan instansi terkait dalam melakukan pengawasan terhadap lalu lintas kedatangan dan keberadaan orang asing di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banggai melalui Divisi Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Banggai. menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (TIMPORA).

Bupati Banggai diwakili Assisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Banggai, Alfian Djibran, menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan, Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kabupaten Banggai tahun 2021, yang dilaksanakan di Luwuk.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Tim Pora, Kasubsi Intelijen Keimigrasian Kanim Banggai, I Gede Krisna Vindya Satriawan, Kasubsi Komunikasi dan Informasi Kanim Banggai Ridwan Arifin bersama staf, Perwakilan Unsur Forkopimda, Dinas Terkait, dan tamu undangan lainnya.

Asisten Perekonomian dalam sambutannya mengatakan, jika berbicara tentang orang asing, maka ada berbagai hal yang akan muncul dalam pikiran kita, yakni adanya dampak positif majunya suatu aspek pariwisata yang kemudian juga akan mendukung gerak perkembangan ekonomi masyarakat adanya peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang tentunya dapat meningkatkan taraf hidup masyarkat di Kabupaten Banggai.

“Pariwisata merupakan salah satu icon Kabupaten Banggai, dengan objek wisata yang ada di daerah ini merupakan obyek yang digemari oleh orang asing, begitu juga masuknya perusahaan asing.” tuturnya.

Namun menurutnya, dampak negatif dari kunjungan wisatawan maupun pekerja dari luar negeri juga harus diwaspadai, karena mau tidak mau kita akan bergaul dan berkomunikasi dengan mereka. “Selain itu juga kemungkinan adanya misi-misi tertentu dari kunjungan orang asing yang berupa paham-paham radikal,” terangnya.(emy)

Laporan : Emay

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan