Sekretaris Bappeda Touna: Pariwisata Togean Perlu Inovasi

  • Bagikan
Amin Bustamin

AMPANA, Kabar Selebes – Salah satu trisula visi misi Bupati Touna adalah pariwisata. Harapannya dari RPJMD kita 2021 -2026 bagaimana pariwisata kita bisa menyumbangkan sektor terbesar produk domestik regional bruto (PDRB).

Sekertaris Bappeda Tojo Unauna Amin Bustamin menjelaskan bahwa dari hasil evalusi Bappeda sejak pandemi Covid-19 memang sektor pendapatan pariwisata turun drastis. Sementara di tahun 2018 -2019 belum optimal karena peran serta masyarakat belum di maksimalkan dalam berbagai kegiatan kepariwisataan.

“Soal penyerapan anggaran serta pendapatan pariwisata,  namanya OPD ada target-target yang akan dicapai dalam RPJMD dan ada juga karena amanat undang-undang kalau pariwisata itu urusan  pilihan karena kekayaan dan potensi sumber daya alam kita,” kata Amin, Senin (22/11/2021).

“Bagaimana agar pariwisata kita bisa maju dan berkembang, tentunya promosi kita yang harus dimaksimalkan agar wisatawan mau berkunjung ke pulau Togean,” lanjut Amin.

Kalau bicara soal anggaran kata Amin itu relatif, sedikit anggaran juga tapi pengaruhnya juga besar. Yang penting kata dia, adalah inovasi.

“Jadi belum tentu segala sesuatu itu berbanding lurus dengan anggaran,” tegas Amin Bustanin yang baru saja dilantik sekertaris Bappeda Touna.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan