Bupati Delis temui Menteri Agraria, Laporkan Sengketa Lahan HGU di Morut

JAKARTA, Kabar Selebes – “Kepada bapak menteri (Menteri Agraria dan Penataan Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional-red) kami menyampaikan kiranya lahan-lahan masyarakat yang berada dalam HGU agar di-enclave (dikeluarkan) dari areal HGU.”

Begitu kata Bupati Morut Delis Julkarson Hehi saat dihubungi melalui teelepon genggamnya usai menemuti Menteri Agraria dan Penataan Ruang sekaligus Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil di Jakarta, Rabu (24/11/2021).

BACA JUGA :  Bupati Morut: Perusahaan Tambang Harus Rawat Lahan agar Tidak Rusak

Ia menemui Menteri ATR/Kepala BPN untuk melaporkan masalah-masalah lahan yang terjadi di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) yang melibatkan investor penggarap HGU dengan masyarakat sekitar, khususnya di Desa Lee, Kecamatan Mori Atas.

Menurut Delis, Menteri ATR sangat merespon semua laporan yang disampaikannya dan mengatakan akan menunggu laporan rinci mengenai masalah-masalah tersebut.

BACA JUGA :  Pimpinan OPD Morut Studi Banding di Banggai, Bupati Delis: Kami Datang Belajar Dari Yang Terbaik

Menteri juga akan mengkonfirmasikan masalah-masalah itu dengan Badan Perttanahan Nasional (BPN) provinsi dan Kabupaten Morut.

“Saya sendiri menyampaikan kepada pak menteri agar lahan-lahan yang diklaim milik masyarakat yang ada dalam kawasan HGU, lebih baik di-enclave saja,” ujar Delis.(RoMa/Josua)

Silakan komentar Anda Disini....