Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Ini Persiapan Dinas Kesehatan Sulteng

  • Bagikan
Yudiawati Vidiana

PALU, Kabar Selebes – Mengantisipasi gelombang ketiga kasus covid –19  yang diprediksi akan terjadi pada awal tahun 2022, yakni pada pasca libur natal dan tahun baru, sejumlah persiapan telah dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah dalam upaya menekan dan meminimalisir penyebaran covid-19 di daerah tersebut.

“Kita tetap menyiapkan mulai dari tempat tidur sarana prasarana peralatan, dan kami juga menambah beberapa seperti alat alat yang kami tambahkan antara lain oksigen konsentrat, dan kita sudah punya oksigen yang cukup memadai,” kata Yudiawati Vidiana, kepala bidang pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah saat ditemui Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sarana dan prasarana yang tersedia saat ini didukung dari berbagai pihak yang membantu. Fasilitas kesehatan seperti hepa filter dan bantuan pernapasan yang memang menjadi kebutuhan rumah sakit di seluruh kabupaten kota sudah disiapkan dan telah disalurkan di tiap tiap rumah sakit rujukan termasuk tabung oksigen.

Hal ini dimaksudkan agar kekurangan oksigen dan tabung bisa diminimalisir jika terjadi lonjakan kasus pada gelombang ketiga nantinya.

“Kita berkaca pada kasus sebelumnya, rumah sakit rujukan kita sempat mengalami kekurangan tabung oksigen. Itu yang kita cegah jangan sampai terjadi ke depannya,” tutur Yudiawati.

Selain itu menurutnya promotif preventif yang melibatkan warga juga gencar disosialisasikan oleh bidang kesehatan masyarakat dinas kesehatan Sulteng. Hal ini sebagai upaya untuk mengajak masyarakat agar berperan penting dalam upaya menghindari gelombang ketiga pandemic Covid -19 di Sulawesi Tengah.

Selain itu pemerintah juga melakukan percepatan kegiatan vaksinasi dengan menggandeng berbagai pihak untuk meningkatkan herd immunity.

Yudiawati mengimbau kepada masyarakat agar tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan mencuci tangan dengan sabun serta melakukan vaksinasi. (Iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan