Kemenkumham Sulteng Awasi Pergerakan Orang Asing di Kepulauan Togean Lewat Command Center

  • Bagikan

PALU, Kabar Selebes –  Kementerian Hukum dan Ham kantor Wilayah Sulawesi Tengah memperkuat sinergitas untuk melakukan pengawasan pergerakan orang asing di wilayah setempat. Operasi gabungan tim pengawasan orang asing (Tim pora) kali ini akan fokus melakukan kerja pengawasan di kawasan gugusan Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una una.

Adapun Tim Pora terdiri dari 13 instansi antara lain Keimigrasian, Kesbangpol,  Dinas ketenagakerjaan, dan instansi terkait lainnya. Pengawasan itu dilakukan menggunakan alat Marine Traffic dan Google Earth yang ditempatkan di Command center kantor wilayah Kemenkumham Sulteng di Kota Palu.

“Karena tingginya biaya pengawasan dan Inteligen, untuk memotong itu, dan mengurangi pergerakan di masa pandemi maka dibentuklah command center,” kata Plt Kepala Divisi Keimigrasian Kemenkumham Sulteng, Agung Astrawinata, Selasa (30/11/2021).

Agung mengungkapkan, alasan kepulauan Togean menjadi tempat pengawasan sebab di sana banyak aktivitas orang asing. Pengawasan lebih dilakukan secara persuasif terlebih di kondisi pandemi Covid-19.

“Kami pilih di Togean karena kurang pengawasan. Kami ingin menunjukan ke orang asing bahwa imigrasi ada di situ,” jelasnya.

Menurut Agung, lewat media marrine trafic dan Google earth pihaknya bisa memantau aktivitas pergerakan orang asing di kawasan kepulauan Togean. Apabila ada yang mencurigakan tim nantinya akan bergerak untuk melakukan penyelidikan.

Tim Pora, lanjut dia, akan berkordinasi dengan keimigrasian di wilayah Banggai untuk turun langsung ke titik-titik lokasi sasaran pengawasan.

“Apabila ada yang mencurigakan, nanti saya akan mengkomandokan kantor imigrasi Banggai,” pungkasnya.(ap)

Laporan: Adi Pranata

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan