Beda Pilihan Saat Pilkades, 5 KK Warga Diusir Pemilik Lahan

  • Bagikan
Rumah warga yang diusir akibat beda pilihan pilkades. (Foto: Dok)

TOLITOLI, Kabar Selebes – Hanya karena beda pilihan saat pemilihan kepala desa (Pilkades), lima kepala keluarga (KK) di Desa Galumpang, Kecamatan Dako Pamean, Tolitoli, Sulawesi Tengah diusir oleh pemilik lahan.Sebelum hari pencoblosan, memang pemilik lahan mendatangi  keluarga yang mendiami lokasinya untuk menyampaikan agar mengikuti pilihannya dalam Pilkades Galumpang.

Menurut Alan, salah satu warga yang diusir itu, pemilik lahan bahkan mengancam apabila tidak mengikuti pilihannya maka semua keluarga yang tinggal di atas lahannya akan dipindahkan alias diusir.

“Hanya karena pilihan calon kepala desa berbeda makanya diusir oleh pemilik lahan,” kata Alan, Sabtu (5/12/2021).

Hasil perhitungan suara Pilkades Galumpang yang diikuti 4 calon tanpa ada pemenang alias seri. Nomor Urut 01 dan 04 memperoleh suara sama. Pemilik lahan yang sebelumnya pendukung nomor urut 01 telah mengetahui kalau keluarga yang tinggal di lokasinya pendukung 04 selanjutnya mengusir keluarga yang tinggal di lokasinya.

Sampai saat ini panitia Pilkades masih berkoordinasi dengan Dinas PMD kabupaten Tolitoli terkait hasil Pilkades yang berakhir Seri tersebut.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan