Gubernur Sulteng Berlakukan PPKM Level 3 Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

  • Bagikan
Rusdi Mastura

PALU, Kabar Selebes – Untuk mencegah penyebaran dan penularan Covid -19 gelombang ke-3  yang dikhawatirkan akan terjadi pasca libur natal dan tahun baru, Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengeluarkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3, yang mulai berlaku mulai  mulai 24 desember 2021 sampai 2 januari 2022.

Kebijakan itu telah dituangkan dalam instruktur gubernur Sulteng nomor 443/416/satgas Covid -19 /2021. Tentang pencegahan dan penanggulangan covid -19 pada saat natal dan tahun 2021 dan tahun baru 2022

Untuk itu Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura telah menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah di Provinsi Sulawesi Tengah untuk memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid -19 saat masa libur tahun baru dan natal.

“Walikota dan bupati mengaktifkan kembali fungsi aturan satuan tugas (satgas) penanganan Covid -19 sampai di tingkat desa. Satgas harus memastikan setiap proses 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menjaga jarak,” kata Rusdy Mastura, Senin (6/12/2021).

Hal tersebut dianggap dianggap paling tepat  untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19.

Selain itu ia juga meminta kepada kepala daerah agar memperketat pengawasan pelaku perjalanan khususnya di pos pos pintu masuk yang ada. Hal ini dimaksud sebagai upaya untuk pencegahan virus Cobid -19 baik menjelang maupun pasca libur natal dan tahun baru.

Rusdy Mastura mengatakan bahwa ia tidak ingin mengambil resiko dengan memberi akses keluar masuk dan mengabaikan protokol kesehatan bagi masyarakat.

“Prokes juga  dilakukan di tiga tempat yakni di gereja atau tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah, tempat perbelanjaan dan tempat wisata,” katanya.

Selain itu para buruh juga diimbau untuk tidak mengambil cuti.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan