Panen Raya di Wita Ponda, Bupati Morowali: Program yang Sesuai dengan Sejahtera Bersama

MOROWALI, Kabar Selebes – Masyarakat di Desa Emea, Kecamatan Wita Ponda, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, melaksanakan acara panen raya pada Selasa (7/12/2021).

Kegiatan panen raya itu dihadiri langsung Bupati Morowali, Taslim, dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Morowali, Andi Irman.

Pada kesempatan itu juga Taslim menyerahkan Surat Keputusan (SK) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Morowali kepada Ketua Jumadi Somad.

Jumadi mengatakan bahwa pembentukan Perhiptani bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mensejahterakan masyarakat khususnya di sektor pertanian.

“Masyarakat dan penyuluh pertanian menyebarluaskan ilmu dan teknologi dalam mengembangkan profesionalitas pertanian,” jelasnya.

Sedangkan Andi Irman mengatakan bahwa perhatian Pemda di sektor pertanian pada tiga tahun terakhir cukup membanggakan. Dalam setahun Pemda telah memberikan bantuan mobile alat panen sejumlah 10 unit.

“Ini bisa memecahkan rekor di Sulawesi Tengah,” akunya.

Dikatakannya lagi, bahwa ada program pertanian terintegrasi dari Menteri Pertanian (Mentan). Pertanian terintegrasi adalah pola pertanian yang salinf mendukung antara satu komoditi dan komoditi lainnya.

“Biaya produksi dapat ditekan dengan memanfaatkan komoditi lainnya yang dikelola secara bersamaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Taslim mengatakan, bahwa panen raya menjadi momen penting dalam mengevaluasi apa yang sudah dan akan dilakukan Pemda.

“Tentunya dengan tujuan mencari solusi yang sesuai program untuk sejahtera bersama,” tandasnya. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....