Natal dan Tahun Baru, Satpol PP Kota Palu hanya Bolehkan Café dan Restoran buka hingga Jam 9 Malam

Trisno Yunianto

PALU, Kabar Selebes – Untuk mencegah lonjakan penyebaran Covid-19, Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu menyiapkan setidaknya 100 personel untuk pengamanan natal dan tahun baru (Nataru). Mereka akan melakukan patroli dan pengamanan termasuk mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan. Pengamanan dikhususkan pada titik keramaian seperti di beberapa gereja dan cafe cafe di Kota Palu.

“Prinsipnya kami sudah siap kekuatan kurang lebih 200 personel untuk satpol PP sendiri yang akan di-backup oleh TNI Polri, yang biasa kami minta untuk TNI 20 kemudian Polri 20 jadi kurang lebih 250an lah,” kata Trisno Yunianto, kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palu, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut Trisno menjelaskan bahwa persiapan pengamanan baik pengamanan nataru maupun operasi yustisi merujuk pada kemendagri no 66 tahun 2021 mengenai pemberlakuan kegiatan masyarakat menjelang natal dan tahun baru.

Untuk itu Pemerintah Kota Palu masih akan menggelar rapat dengan forkopimda mengenai formulasi tentunya dengan ketentuan tersebut, yang nantinya akan dituangkan dalam surat edaran pemerintah kota palu terkait  teknik  pelaksanaannya nanti.

“Ada pembatasan pembatasan pada umumnya itu jam operasional jam 9, jadi yang lebih dari jam 9 kami akan tindak. Kemudian pembatasan jumlah pengunjung di cafe, restoran itu 50%,” tuturnya.

Pemerintah Kota Palu melalui satuan pamong praja mengimbau kepada masyarakat Kota Palu bersama sama mematuhi protokol kesehatan jelang pelaksanaan natal dan tahun baru karena jika tidak maka akan mendapatkan sanksi sesuai peraturan pemerintah kota palu yang akan mulai diterapkan pada tanggal 24 desember 2021 sampai tanggal 2 jamuari 2022 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3.

Protokol kesehatan yakni memakai masker, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. Hal ini adalah salah satu langkah yang paling efektif dalam menekan penyebaran Covid-19. (iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….