Realisasi Vaksinasi Covid-19 di Sulteng Capai 46 Persen

  • Bagikan
Kegiatan percepatan vaksinasi yang dilaksanakan BIN Sulteng untuk tiga kecamatan yang dimulakan dari Torue, Kamis (11/11/2021). (Foto: doc BIN Sulteng)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Sulawesi Tengah terus mengampanyekan vaksinasi untuk mencegah penyebarluasan covid-19. Vaksinasi adalah salah satu upaya dalam menekan penyebaran covid 19. Pemberian vaksinasi dapat mencegah penyebaran virus hingga 80 persen.

Untuk itu pemerintah Sulawesi Tengah terus memacu capaian vaksinasi agar mencapai target yang diharapkan yakni 60 persen hingga akhir desember tahun 2021.

“Kita harus pacu capaian vaksinasi hingga 60persen di akhir desember,” kata Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura beberapa waktu lalu.

Dari data provinsi Sulawesi Tengah realisasi vaksinasi covid -19 saat ini sudah mencapai 54persen. Namun yang telah terinput dan masuk dalam data kementrian kesehatan RI baru mencapai 46persen.

“Kita mestinya sudah berada dalam 10 besar realisasi vaksinasi karena keterlambatan dalam penginputan data vaksinasi maka kita berada di urutan dari bawah sebagai provinsi yang rendah realisasi vaksinasi,” kata Rusdi Mastura.

Ia juga meminta tiap bupati dan wakil bupati serta seluruh perangkat daerah tingkat provinsi, kabupaten dan kota agar menggenjot capaian vaksinasi covid-19 di daerah masing masing.

Pemberian vaksinasi dapat mengurangi penularan dan penyebaran birua Covid-19 hingga 80 persen sedangkan pemakaian masker atau penggunaan protokol kesehatan dapat mengurangi terjangkitnya virus Covid-19 hingga 75 persen.

Untuk itu gubernur mengimbau agar pemberian vaksin dapat segera dilakukan bagi yang belum pernah divaksin selain itu ia juga menghimbau masyarakat sulawesi tengah agar jangan kendor dan lalai mematuhi protokol kesehatan.  (iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan