Sombori Tourism Festival Raih Penghargaan Smart City Kategori Smart Branding

MOROWALI, Kabar Selebes – Festival Pulau Sombori (Sombori Tourism Festival) 2021 menjadi Inovasi Quickwin Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), sebagai bentuk kampanye wisata keindahan pulau Sombori.

Olehnya, Kabupaten Morowali meraih penghargaan Smart City (Kota Pintar) dalam program Gerakan Menuju Smart City dengan kategori Smart Branding. Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati Morowali, Najamudin, di Gedung Nusantara Hall ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, pada Selasa (14/12/2021).

Pulau Sombori terletak di Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Sombori Tourism Festival yang baru-baru ini digelar merupakan even kolaborasi antara BPC HIPMI Morowali dengan Pemda Morowali. Mengusung tema The Hidden Paradise of Central Sulawesi.

Prestasi yang diraih itu, tak lepas dari komitmen Bupati Taslim dan Wakil Bupati Najamudin dalam membangun fundamental sebagai implementasi Smart City di Morowali.

Smart City atau Kota Cerdas memiliki enam dimensi. Antara lain; Smart Governance, Smart Economy, Smart Branding, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment.

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan itu bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun master plan Smart City. Diharapkan agar lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di daerah.

Pada tahun ini, Gerakan Menuju Smart City difokuskan pada kabupaten/kota di 10 kawasan wisata prioritas. Ada 70 kabupaten/kota yang terlibat, dan 48 kabupaten/kota mendapat bimbingan khusus dari tim ahli yang terdiri dari akademisi dan praktisi smart city. (*/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....