Ribuan Abnaulkhairaat Peringati Haul Guru Tua dan KH Amin Lasawedi di Ampana

  • Bagikan
Habib Hasan Bin Idrus Bin Husen Alhabsyi saat membawakan hikmah Haul Guru Tua.(Foto: Saiful Hulungo)

AMPANA, Kabar Selebes – Ribuan warga Alkhairaat yang disebut Abnaulkhairaat Kabupaten Tojo Unauna menghadiri haul Habib Sayyid Idrus Bin Salim (SIS) Al-Jufri atau Guru Tua yang ke-53 dan ulama KH. Mohammad Amin Lasawedi yang ke-21, Rabu (22/12/2021) di Jalan Sultan Hasanuddin Kelurahan LabiaBae depan RSUD Ampana .

Kegiatan haul  yang dilaksanakan setiap tahun di Ampana merupakan bukti kecintaan masyarakat Tojo Unauna kepada sosok Guru Tua dan Almukaram  KH. Mohammad Amin Lasawedi yang merupakan salah satu murid teladan dari SIS Al-Jufri .

Bupati Tojo Unauna dalam sambutannya yang diwakili asisten l bagian administrasi pemerintahan  Alfian Matajeng menyampaikan peringatan haul adalah merupakan rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus bentuk penghormatan kita kepada sosok yang sangat kharismatik yang bukan  hanya dikenal di Kabupaten Tojo Unauna saja bahkan di Sulawesi Tengah  dan seluruh pelosok.

“Sosok Almukarram Habib Idrus Bin Salim Al Jufri dan KH. Amin Lasawedi adalah ulama dan panutan dalam peradaban kita khususnya di Kabupaten Tojo Unauna,” kata Bupati.

Gerakan dakwah dan cara pandang keberagaman dari Almukaram KH .Mohammad Amin Lasawedi sama halnya dengan Habib Idrus Bin Salim Al-Jufri atau Guru Tua yaitu gerakan dakwah yang moderat yang dibawa dan dipraktekkan para habib dan para pendahulu  saat ini menjadi spirit dan akan datang.

Dalam hikmah Haul Guru Tua dan KH. Mohammad Amin Lasawedi  yang disampaikan oleh  Habib Hasan Bin Idrus Bin Husen Alhabsyi bahwa sosok Guru Tua banyak memiliki kelebihan sehingga banyak ahli sejarah datang mau mempelajari apasih sehingga alkkhairaat itu menjamur di segala penjuru dan pelosok dan mencetak ribuan  murid murid oleh Habib Idrus Bin Salim Al-Jufri .

“Kita hadir di acara haul Guru Tua, kita mengenang kembali  nasehatnya, kita berkumpul bersilaturahim dengan satu sama lain,” kata dia.

Acara Haul Guru Tua dihadiri Ketua DPRD Touna, Asisten III Gubernur Sulawesi Tengah anggota DPRD Touna , Mantan Bupati Tojo Unauna Damsik Ladjalani  Ketua MUI Kabupaten Tojo Unauna.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….
  • Bagikan