Warga Temukan Senjata Api Organik dan Ratusan Peluru di Morowali

Anggota TNI menyerahkan senjata dan amunisi kepada pihak Kodim Morowali.(Foto: Bambang)

MOROWALI, Kabar Selebes – Warga Desa Era dan Desa Peleru Kecamatan Mori Utara Kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah, dihebohkan dengan penemuan sepucuk senjata api organik beserta ratusan butir amunisi. Senjata yang ditemukan di hutan itu langsung dilaporkan ke pihak TNI untuk dievakuasi.

Satu pucuk senjata api jenis SKS buatan Rusia dan 103 buah amunisi tersebut ditemukan oleh warga di hutan tidak jauh dari pemukiman warga. Senjata organik dan ratusan amunisi yang sudah dalam kondisi berkarat itu, ditemukan warga saat akan berburu di hutan Selasa, (11/1/2022).

Penemuan senjata dan amunisi itu sontak membuat warga heboh.oleh warga, penemuan senjata dan amunisi itu dilaporkan kepada Babinsa Koramil 1311/05, Sertu Mustakim serta Danramil 1311/05 Mori Utara, Kapten Inf Burhanuddin.

Saat ditemukan, senjata api itu terkubur dalam tanah namun sebagian tubuhnya menyembul sehingga terlihat oleh warga yang berburu. Setelah dievakuasi, personel TNI itu kemudian membawa senjata dan amunisi tersebut ke Makodim 1311/Morowali Kompleks Kota Terpadu mandiri Kecamatan Bungku Tengah.

“Penemuan senjata dan amunisi tersebut atas kerjasama dan komunikasi yang baik antara warga masyarakat serta prajurit TNI yang bertugas di lapangan,” kata Komandan Kodim 1311/Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto.

Belum diketahui siapa pemilik senjata beserta amunisi dan meriam, namun akan tetap dilakukan pendalaman. Bersamaan dengan ditemukannya senjata api itu, pihak tni juga mendapat penyerahan sepucuk mortir jenis canon lantaka di Desa Peleru Kecamatan Mori Utara. Senjata kuno ini belum diketahui jenisnya, dan akan menunggu pihak denpal Palu guna mengidentifikasinya.

“Saya mengimbau kepada warga apabila menemukan senjata api atau amunisi segera melaporkannya kepada pihak TNI terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” tandas Rusmanto.(abd/bam)

Laporan : Bambang

Silakan komentar Anda Disini....