RDP Komisi II DPRD Touna, Dinas PU Disorot Soal Peningkatan Jalan Desa Betaua

AMPANA, Kabar Selebes – Proyek peningkatan jalan Desa Betaua yang dikerjakan salah satu rekanan yang dinilai tidak maksimal oleh Ketua Komisi II Jafar Amin akhirnya sudah terjawab oleh Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tojo Unauna Bahrun, Selasa (11/1/2022).

Proyek peningkatan jalan Desa Betaua sepanjang 4,5km tersebut terdiri dari enam ruas. Ruas pertama panjang 520 meter, ruas kedua 925 meter, ruas ketiga 600 meter, ruas empat 1925 meter, ruas lima 137 meter dan ruas ke enam 400 meter dengan total jalan yang dikerjakan 4.057 meter ditambah deker plat dua buah serta saluran pasangan batu 39 meter.

Lebih lanjut Bahrun yang juga selaku PPK menjelaskan terkait dengan jalan yang dipertanyakan oleh Jafar Amin yang dinilai bermasalah itu, jalan yang masuk di ruas tiga dengan panjang 600 meter.

“Tapi kemudian ada sebagian yang tidak ditimbun jalan di atas gunung,  memang benar tetapi itu tidak masuk dalam perencanaan dan itu kurang lebih 200 meter dari timbunan sampai penyiapan badan jalan kita bikin nol dan kami tidak menghitung volumenya,” jelas Bahrun.

Untuk kepadatan lanjutnya, tetap akan dilakukan kembali sesuai dengan arahan ketua Komisi II Jafar Amin. “Dan itu masih masuk dalam pemeliharaan dan tanggungjawab kita,” katanya lagi.

Sementara Asrun Taurenta  mengatakan informasi ini terbuka apalagi di media soasial sehingga wartawan bisa mendengar langsung apa yang telah dijelaskan .

Andri Purwanto menilai pekerjaan jalan di Desa Betaua oleh pihak ketiga itu tidak memiliki basic, Karena pekerjaan jalan itu tidak sama dengan pekerjaan bangunan. Olehnya Andri sarankan kalau ada yang masih kurang perlu di perbaiki kembali.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini....