Berkunjung ke Dondo, Kadis TPH Tolitoli Tinjau Irigasi Tinabongan dan Bahas Masalah Petani

TOLITOLI, Kabar Selebes –  Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Rustan Rewa bersama Camat, Ka BPP Lais, kasi Pemerintahan dan staf Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura telah melakukan kunjungan ke Irigasi Tinabogan, Kecamatan Dondo, Sabtu (16/01/2022).

Setelah melihat Irigasi Tinabogan itu,  Rustan yakin bila irigasi normal bisa meningkatkan produksi padi di daerah tersebut.

“Kami yakin bila irigasi ini normal, Insya Allah petani Bisa meningkatkan dari IP 200 menjadi IP 300., Dengan dorongan semua pihak, irigasi itu mengairi sekitar 70 ha sawah,” beber Rustan.

Dalam kunjungak ini Rustan juga bersama rombongan menyepatkan

ngopi bersama Anggota DPRD Dapil Dondo, Fahmi beserta Gp3A. Tak sekedar ngopi Rustan membahas permasalah petani di daearh itu.

“Bersama Pak Fahmi di Rumahnya kami bahas masalah Pertanian beliau   bijak melihat permasalahan di tingkat petani, kita sepakat untuk sama sama saling melengkapi dalam kemajuan setor pertanian dengan slogan Bapak Bupati Tolitoli, Amran Hi Yahya,” ujar Rustan Rewa.

Rustan menjelaskan selain potensi sawah, Kecamatan Dondo juga terbangun bidang Hortikultura, dengan mengembangkan Durian Mountong, Cabe dan alpokat yang terdapat di Desa Malulu.

“Dondo, Dampal Selatan kita persiapkan Kec penyangga Komodi persiapan Ibu Kota Baru di Kaltim, termasuk juga Kec Galang dan Tolitoli Utara khusus Komodi Beras,” tutup Rustan.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….