Gubernur Sulteng Sebut Poso Bisa Ikut Menjadi Penyangga Ibukota Baru RI

PALU, Kabar Selebes – Gubernur Sulteng Rusdi Mastura menyebut Kabupaten Poso memiliki potensi lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertainan dan peternakan meski wilayah itu tak punya tambang yang hebat.

Pernyataan Gubernur Rusdi Mastura itu dikeluarkan saat menggelar rapat pengembangan potensi Sub Sektor Pertanian dan Peternakan bersama Wakil Bupati Poso Yasin Mangun, di ruang Polibu Kantor Gubernur Sulteng Senin (17/1/2022).

Gubernur menyampaikan, saat ini Pemprov Sulteng tengah mempersiapkan diri sebagai wilayah penyangga logistik Ibu Kota Negara kedepan, oleh karena itu Sulteng harus mempersiapkan infrastruktur.

“Terkait potensi sektor pertanian dan peternakan, Kabupaten Poso memiliki potensi Lahan  yang dapat dimanfaatkan untuk sektor pertanian dan peternakan, walaupun Poso tak punya tambang yang hebat namun memiliki potensi lahan yang luar biasa, hal ini tentunya bisa dikembangkan,” kata Rusdi Mastura.

Apalagi kata dia, Poso berbatasan dengan wilayah kabupaten Morut dan Morowali dimana perusahaan perusahaan besar yang berada di wilayah tersebut pasti membutuhkan banyak tenaga kerja yang jumlahnya bisa mencapai ratusan ribu orang.

“Bisa dibayangkan berapa kebutuhan logistik makanan perusahaan yang ada di Morowali Utara ataupun Morowali untuk tenaga kerja yang bisa dipenuhi oleh masyarakat melalui usaha pertanian, peternakan, dan perikanan,sehingga Poso bisa menjadi salah satu Daerah Penyuplai logistik untuk Wilayah Morut dan Morowali,” ujarnya.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….