Palu  

Gaji PNS Bulan Januari 2022 di Pemkot Palu akan Segera Dibayarkan

Kantor Walikota Palu.(Foto: FB/Affan)

PALU, Kabar Selebes – Pemerintah Kota Palu segera akan membayarkan gaji untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk Januari 2021 di lingkup kerjanya. Gaji Gaji ini sempat tertunda lantaran adanya perubahan sistem administrasi keuangan daerah sekaitan penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kepastian pencairan gaji ini diutarakan Kepala Bidang Keuangan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Palu, Suradji, dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus), di Ruang Sidang Utama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palu, Rabu 20 Januari 2021.

Menurut Suradji, pada 18 Januari 2021 pihaknya telah melakukan kliring untuk gaji Januari 2021 di BRI, setelah sebelumnya transfer Dana Alokasi Umum (DAU) mengalami keterlambatan.

BACA JUGA :  Usai dapat Predikat Sangat Inovatif, Pemkot Palu Minta Seluruh OPD Lebih Berinovasi

“Alhamdulillah tanggal 18 Januari kemarin, transfer dananya sudah masuk. Dan hari ini (Rabu-red) kami akan melakukan kliring di BRI untuk gaji Januari,” ungkapnya.

Dijelaskan Suradji, keterlambatan transfer DAU gaji PNS terjadi lantaran adanya penerapan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), yang menyebabkan terjadinya perubahan sistem administrasi keuangan di daerah.

“SIPD yang diterapkan saat ini  sangat rumit,” beber Suradji seperti dikutip dari channelsulawesi.id.

Meski demikian, Suradji mengungkapkan Pemkot tetap berkomitmen melaksanakan segala aturan yang telah ditetapkan Kemendagri.

BACA JUGA :  Ampuh, 28 Warga Dinyatakan Positif di Sulteng Gara-gara Ambil Suket Covid-19 Keluar Kota

Suradji menuturkan, gaji PNS Pemkot Palu pada awal Januari 2021 sebenarnya telah disiapkan. Meskipun dalam melakukan rekapitulasi masih menggunakan perangkat manual.

“Karena kami belum bisa masuk dalam penatausahaanya karena belum memungkinkan. Namun kami menyiapkan data-data untuk pembayaran gaji PNS bulan Januari 2021 transfer dana DAU dari pusat mengalami keterlambatan,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkot Palu Bentuk Satgas Pancasila Fokus Berantas Peredaran Narkoba

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Palu, Moh. Rizal menanyakan hal tersebut. Menurut Rizal, kurang lebih 800 PNS lingkup Pemkot Palu yang hingga pertengahan Januari 2021 belum menerima gaji.(abd/cs)

Laporan : TIM

Silakan komentar Anda Disini….