Cegah Perkembangan Covid-19, Tiga Andikpas LPKA Kelas II Palu Bebas Bersyarat dan Asimilasi Rumah

Tiga andikpas di LPKA Palu yang terima SK Pembebasan dan asimilasi rumah.(Foto: Humas)

PALU, Kabar Selebes – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tengah membebaskan tiga Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Palu.

Tiga andikpas LPKA Palu itu mendapat pembebasan bersyarat dan asimilasi rumah demi menyukseskan pencegahan perkembangan covid-19 di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) dan LPKA.

Kepala Kakanwil Kemenkumham Sulteng, Lilik Sujandi, mengatakan, pembebesan bersyarat dan asimilasi rumah itu dikeluarkan setelah diberlakukan Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 43 Tahun 2021 tentang tata cara pemberian asimilasi, pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas, dan cuti bersyarat.

Dia juga terus menekankan kepada seluruh kepala unit pelaksana teknis (Ka.UPT) se-Sulawesi Tengah, termasuk LPKA Kelas II Palu, Revanda Bangun, agar terus bergerak cepat guna menyukseskan program pemerintah dalam penanganan covid-19.

“Hari ini kami menyerahkan surat keputusan (SK) Asimilasi Rumah dan Pembebasan Bersyarat kepada tiga orang anak didik pemasyarakatan (andikpas), semuanya telah melewati proses yang ketat dari perhitungan pentahapan, pengamatan pengasuh, penelitan kemasyarakatan (Litmas), hingga sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) serta pengusulan lewat aplikasi Sistem Database Pemasyarakatan (SDP),” ujar Ka. LPKA Palu Kamis, (27/01/2022).

Lebih lanjut, Ia menyampaikan bahwa dalam proses pemenuhan hak integrasi tersebut semua tidak dikenakan biaya dan tidak diskriminasi kepada Andikpas.

“Saya bisa pastikan dalam pemberian Hak Anak kami disini, semuanya tidaklah dipungut biaya, apalagi memberikan perbedaan perlakuan diantara andikpas. Saya selalu ingatkan bahwa dalam menjalankan tugas agar selalu berprinsip ikhlas tanpa batas. Dari sinilah, kita dapat membangun istana di kehidupan selanjutnya,” tutupnya.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….