Omicron Terdeteksi Masuk Sulteng, Gubernur Minta Kurangi Mobilisasi Masyarakat

Ilustrasi Varian Omicron. (Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography)

PALU, Kabar Selebes – Varian baru covid-19 dengan nama omicron saat ini terdeteksi sudah masuk ke Sulawesi Tengah. Kepastian masuknya omicron di daerah ini dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi melalui Dinas Kesehatan Sulawesi Tengah, Senin (19/2/2022).

Dalam laporan kepala Dinas Kesehatan Sulteng, I Komang Adi Sujendra kepada Gubernur Rusdy Mastura menyebutkan, pihaknya mendeteksi omicron setelah melalui pemeriksaan 19 sampel yang dikirim ke Puslitbang, Jumat (4/2/2022).

“Hasil Puslitbang terkait hasil pemeriksaan SGTF dari 19 sampel yang kami kirim hari Jumat tgl 4 Februari,  19 sampel hasilnya prob. Omicron atau dipastikan merupakan varian Omicron,” kata Komang Sujendra.

Pada Kesempatan itu Gubernur Rusdy Mastura meminta kepada Kadis Kesehatan agar mempersiapkan langkah – langkah penanganan bilamana terjadi gelombang III di Sulawesi Tengah.

Gubernur juga meminta agar masyarakat lebih patuh dan taat untuk mengikuti Protokol Kesehatan 5 M dan meminta masuarakat untuk segera datang untuk menerima Vasinasi lebih Khusus Lansia diharapkan Keluarga mendorong Orang Tua yang Sudah Lansia untuk menerima Vaksin .

Gubernur Juga meminta agar satgas memastikan seluruh kegiatan masyarakat berjalan dengan Protokol Kesehatan yang ketat dan mengurangi kegiatan mobilitas masyarakat, saat ini sudah masuk pada kondisi waspada Gelombang III.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….