Setelah 6 Tahun, Ban di Leher Buaya di Palu Akhirnya Dilepas Warga

Dili, warga yang menangkap Buaya Berkalung Ban menunjukkan ban yang enam tahun menjerat leher sang buaya setelah dilepas, Senin (7/2/2022).(Foto: Abdee Mari/KabarSelebes.ID)

PALU, Kabar Selebes – Setelah enam tahun terjerat ban sepeda motor di leher, buaya di Palu yang dijuluki Buaya Berkalung Ban, akhirnya berhasil ditangkap warga. Ban yang menjerat lehernya juga akhirnya bisa dilepas.

Adalah Dili, seorang warga asal Sragen, Jawa Tengah yang berhasil menangkap buaya berukuran 8 meter itu di Sungai Palu, Senin (7/2/2022).

Dili menangkap Buaya Berkalung Ban itu hanya dengan mengumpannya dengan seekor ayam lalu menjeratnya dengan seutas tali di bibir sungai Palu, di bawah jembatan Palu 3. Ketika buaya itu sudah terjerat, Dili dibatu warga lain lalu menangkap buaya itu dan mengikatnya dengan tali.

“Sudah tiga minggu saya buru buaya ini. Sekitar pukul setengah tujuh malam saya dia makan ayam umpanku lalu saya tarik hanya dengan dua utas tali,” kata Dili.

Buaya besar itu bukannya tidak melawan, saat terkena jeratan sang buaya sekuat tenaga meronta untuk melepaskan diri.

“Melawan Pak, ini banyak orang yang bantu. Dan setelah aman warga lain memotong bannya,” kata Dili sambil menunjukkan bannya.

Informasi tertangkapnya buaya berkalung ban ini dalam sekejap beredar di media sosial dan mengundang rasa penasaran warga. Akibatnya, ribuan warga berdatangan dan memadati sepanjang bibir sungai di sisi selatan jembatan Palu 3. (abd)

Laporan : Abdee Mari