Sulawesi Tengah

Satu Andikpas Positif Covid-19, Kakanwil Kumham Langsung Datangi LPKA Kelas II A Palu

139
×

Satu Andikpas Positif Covid-19, Kakanwil Kumham Langsung Datangi LPKA Kelas II A Palu

Sebarkan artikel ini
Kepala Kanwil Kumham Sulteng bertemu dengan andikpas LPKA Kelas IIA Palu.(Foto: Dok)

PALU, Kabar Selebes –  Satu anak didik lembaga pemasyarakatan (Andikpas) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu, dinyatakan positif covid-19. Andikpas ini kedapatan terpapar covid-19 setelah menjalani antigen rutin Jumat (18/2/2022) pagi.

Hal ini langsung ditanggapi serius oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kumham) Sulawesi Tengah Lilik Sujandi.

Lilik bersama Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan mengunjungi LPKA Kelas II Palu yang didampingi Kepala LPKA Revanda Bangun, Jumat siang.

Kedatangan Lilik Sujandi ini bukan hanya karena adanya andikpas yang terpapar, tetapi juga membantu pelaksanaan PPKM yang diselenggarakan oleh pemerintah.

“Sore ini, kami membagikan masker dan suplemen vitamin kepada anak-anak kami. Tadi pagi tercatat bahwa satu orang sedang menjalani isolasi di kamar huniannya, karena terindikasi positif covid-19, oleh itu kami segera mengunjungi anak kami tersebut, saya pun telah perintahkan Kepala LPKA Palu bersama tim kesehatannya agar terus memberikan perhatian serius serta terus koordinasi dengan Puskesmas atau layanan kesehatan terdekat sehingga jumlahnya tidak bertambah dan anak kami segera sehat kembali,” ujar Lilik Sujandi.

Lebih lanjut, kepada seluruh andikpas dirinya menyampaikan agar terus menjaga kesehatan di masa pandemi dengan cara tetap taat pada protokol kesehatan dan selalu terbuka serta melaporkan segera jika sedang sakit kepada petugas kesehatan yang telah tersedia.

“Saya ingin kita dapat berekreasi ke museum atau nonton bersama, tentu jika anakku tidak menjaga kesehatannya, semuanya tidak akan terlaksana. Di saat Pandemi ini, kita semua harus taat protokol kesehatan, jika ada yang sedang merasa sakit maka segera sampaikan keluhannya kepada petugas,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Kabid Pembinaan dan Pengentasan Anak, Irpan menyampaikan kepada anak yang sedang sakit agar melawan virus covid-19 dengan membiasakan hidup sehat lebih dari biasanya.

“Bagi anakku yang sedang terpapar, lawanlah virus itu dengan keyakinan dan keberanian yang tinggi, lawan ia dengan membiasakan hidup sehat dengan lebih baik lagi, tentu akan ada petugas yang mendampingi. Anakku tidak akan sendiri,” ucapnya.

Sebelum kegiatan berakhir, Ka.LPKA Palu, mengucapkan rasa terima yang mendalam atas perhatian dan kepedulian Kakanwil Kemenkumham Sulteng yang senantiasa membimbing LPKA Palu guna mendukung tumbuh kembang setiap anak.

“Kami sangat terharu melihat kepedulian bapak kepada kami dan anak-anak kami, tidak henti-hentinya kami dibimbing untuk terus penuhi hak setiap anak. Semoga tujuan kita menciptakan anak bangsa yang berguna dan bernilai untuk masyarakat dapat terus kita penuhi,” tutupnya.

Diakhir kegiatan, Kakanwil Kemenkumham Sulteng didampingi Ka.LPKA Palu meninjau lahan perencanaan pembangunan yang akan menjadi ruang belajar, ruang kesenian dan ruang ibadah yang dapat menunjang proses pembinaan dan pembimbingan serta memberikan penguatan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban.(*/abd)

Laporan : Abdee Mari