Air Hujan Meluap ke Jalan di Malotong, BPJN Sulteng dan PU Touna Langsung Turun Tangan

- Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Propinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum Touna didampingi Lurah meninjau lokasi luapan air di kelurahan Malotong.(Foto: Ipul)

AMPANA, Kabar Selebes – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Propinsi Sulawesi Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum Touna langsung turun ke lapangan setelah melakukan koordinasi ke pusat akibat air hujan yang meluap ke jalan di Kelurahan Malotong, Kecamatan Ampana Kota, Kabupaten Tojo Unauna yang membuat beberapa rumah warga tergenang air. 

Mohamad Sahlan dari BPJN Propinsi Sulteng menegaskan bahwa air yang meluap ke jalan sehingga mengenangi beberapa rumah warga disebabkan debit air yang tinggi sehingga ada box atau platdeker yang tersumbat.

“Tetapi ini adalah merupakan tanggung jawab kami dan sudah kami laporkan ke pusat dan dalam waktu dua hari ke depan kami segera melakukan pemeliharaan termasuk memperlebar drainase  dan ketinggiannya,” kata Sahlan yang ditemui di lokasi, Senin (21/2/2022).

Selanjutnya kata Sahlan, pihaknya telah melaporkan dan sudah mengirim dokumentasinya ke pusat dan langsung direspons cepat.

“Sehingga tidak ada masalah dua hari kedepan kita akan segera perbaiki kembali yang tersumbat itu,” lanjutnya.

Terpisah, Lurah Malotong Mohamad Irham Ismail yang didampingi ketua RT menjelaskan bahwa sejak pagi hari air menggenang jalan dan rumah warga. Tetapi tidak ada yang warga dievakuasi.

“Tetapi saya juga sudah mengimbau ke masyarakat agar tetap waspada jika terjadi curah hujan yang tinggi. Demikian pula ada beberapa rumah yang tergenang Insya Allah besok kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait,” kata Mohamad Irham Ismail.

Kepala Dinas PU Touna Ilyas mengatakan luapan air itu akibat debit air hujan yang tinggi. Beberapa pekan yang lalu dari pihak PU juga sudah mengantisipasi awal dengan melakukan normalisasi dengan menurunkan alat berat.(shl)

Laporan : Saiful Hulungo

Silakan komentar Anda Disini….