Jelang Konferensi PWI Sulteng, Nama Pemred Mercusuar Tasman Banto Mencuat

Tasman Banto (Foto: Abdee Mari/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Menjelang Konferensi ke-13 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Tengah, sejumlah nama mencuat maju bakal calon ketua, di antaranya Udin Salin (Pemred Harian Metrosulawesi), Murthalib (Pemred Radar Sulteng) dan Tasman Banto (Pemred Harian Mercusuar).

Dari tiga nama tersebut, nama Udin Salim dan Murthalib memang sudah lama beredar untuk bertarung pada suksesi PWI Sulteng itu. Belakangan, nama jurnalis senior Tasman Banto tiba-tiba banjir dukungan dari sejumlah pihak.

Tasman Banto dianggap bisa menjadi pemersatu antara tiga generasi di PWI Sulteng. Tasman yang kini menjadi pemimpin redaksi Harian Mercusuar disebut-sebut memiliki jaringan yang sangat luas dari berbagai kalangan sehingga bisa membawa PWI lebih maju.

“Jika dipercayakan kawan-kawan di PWI, maka amanah itu tentu tidak bisa ditolak. Namun, sebagai salah satu bagian dari regenerasi, saya justru mendukung adanya generasi baru di PWI Sulteng,” kata Tasman Banto yang ditemui di Sekretariat Bersama (Sekber) Rumah Jurnalis di Jalan Ahmad Yani Lorong III, Palu, Selasa (2/22/2022).

Meskipun namanya disebut-sebut, Tasman Banto memilih menjagokan Pemimpin Redaksi Harian Metrosulawesi Udhin Salim. Menurutnya, Udin Salim memiliki visi dan misi yang jelas dan tegas. Antara lain ingin menyatukan tiga “adik” organisasi profesi yaitu Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu, Ikatan Jurnali Televisi Indonesia (IJTI) Sulawesi Tengah dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Palu di Gedung PWI, Jalan Hasanuddin.

“Gedung PWI itu sesungguhnya untuk semua organisasi. Namun memang saat itu, baru PWI yang ada sehingga diserahkan kepada

PWI oleh Gubernur Sulawesi Tengah Azis Lamadjido. Sekarang khan sudah ada tiga organisasi yang lahir setelah PWI. Jadi

mereka harus dirangkul dan mendapat tempat yang sama,” kata Tasman Banto, mengutip pernyataan Udin Salim.

Sementara itu Ketua Panitia Konferensi PWI Sulawesi Tengah Mahful Haruna mengaku mendengar adanya beberapa nama yang bakal

muncul di arena nantinya. “Tapi biarlah itu mengalir di forum nantinya,” kata Mahful Haruna.

Menurut Mahful, dalam konferensi nantinya akan memperebutkan sedikitnya 80 suara.

“Untuk persiapan konferensi sudah memasuki 80 persen,” ujar Mahful.

Mahful juga menyebutkan, konferensi akan dibuka oleh Ketua Umum PWI Athal S Depari di Hotel Parama Su, Kota Palu, 2 Maret 2022. (*/abd)

Laporan : Abdee Mari

Silakan komentar Anda Disini….