Musrembang Menui Kepulauan, Bupati Morowali: Program dan Kegiatan Harus Berdasarkan Usulan dari Tingkat Desa

MOROWALI, Kabar Selebes – Bupati Morowali, Taslim, membuka acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan Kabupaten Morowali Tahun Anggaran 2023, di Desa Matarape, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, Senin (21/02/2022).

Dalam sambutannya, Taslim mengatakan, diusungnya tema “Memantapkan Kesejahteraan Bersama dengan Memajukan Infrastruktur dan Pelayanan Publik” pada Musrenbang tahun ini, dikarenakan merupakan Musrenbang terakhir diperiode masa pemerintahan Tahajud (Taslim-Najamudin).

Olehnya dibutuhkan sinergitas dan kolaborasi seluruh pihak dalam memantapkan pembangunan yang sejahtera.

“Musrenbang hari ini, merupakan Musrenbang terakhir di masa jabatan pemerintahan Tahajud, Sehingga temanya adalah memantapkan kesejahteraan,” ungkapnya.

Ia juga, meminta program dan kegiatan yang dilaksanakan tahun anggaran 2023 harus berdasarkan usulan kegiatan dari tingkat desa. Sehingga bisa saling bersinergi, agar para camat lebih tanggap terhadap situasi dan kondisi diwilayahnya, dengan terus berkoordinasi demi memantapkan pembangunan yang sejahtera.

Dilanjutkannya, bahwa arah kebijakan dan prioritas pembangunan di tahun ke lima ini diarahkan dalam mensinergikan arah kebijakan nasional, serta kebijakan provinsi sesuai dengan realitas daerah. Selanjutnya disepakati dalam forum OPD dan Musrenbang RKPD tahun 2023.

“Menghadapi pandemic Covid-19, Pemerintah Pusat tengah berupaya agar memulihkan kesehatan dan meningkatkan perekonomian secara bersamaan, sehingga mempengaruhi proses pembangunan nasional, termaksud sistem keuangan daerah,” jelasnya.

“Hal tersebut merupakan perubahan kebijakan nasional pada RPJMD, dan hal lain yang mendasari perubahan RPJMD yaitu masuknya wabah pandemic Covid-19 yang telah ditetapkan sebagai bencana nasional non alam,” pungkas mantan Wakil Ketua II DPRD Morowali ini.

Di kesempatan yang sama, Ketua Komisi I DPRD Morowali Subhan Mattorang menyampaikan, terimakasih dan apresiasi atas kinerja Bupati dan Wakil Bupati Morowali. Menurutnya kurang lebih 5 tahun di masa pemerintahan Tahajud ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Apa yang telah dicita-citakan bapak Bupati dan Wakil Bupati Morowali yaitu pembangunan sejahtera bersama telah terealisasi. Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa,” katanya.

“Kita melihat khususnya di wilayah Kepulauan telah banyak program pembangunan yang terlaksana diantaranya jalan lingkar, dan banyaknya bantuan-bantuan yang disalurkan oleh pemerintah daerah. Ini semua berkat kecerdasan kepala daerah kita yang sudah berusaha membangun Morowali yang sejahtera khususnya di Kecamatan Menui Kepulauan,” beber politisi Hanura ini.

Ditambahkannya, dari retentan penjelasan bupati, DPRD bersama Pemda telah bersepakat untuk melakukan pemekaran di Kecamatan Menui Kepulauan. Untuk itu diharapkan dukungan agar ini cepat terealisasi.

Sementara itu, Camat Menui Kepulauan, Suaib Amja menyampaikan, bahwa pelaksanaan Musrenbang selalu berubah tempat setiap tahunnya di Kecamatan Menui Kepulauan. Gunanya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah pesisir.

“Pelayanan ini terus kami lakukan di bagian pesisir kepulauan, dan dilaksanakan secara bergilir setiap tahunnya,” katanya.

Diharapkannya kepada seluruh peserta Musrenbang hari ini, dapat mengikuti secara proaktif.

Kegiatan ini dihadiri Anggota DPRD Muh. Rusyaid Hasan, Asisten III Husban Laonu, Ketua TP-PKK Morowali Asnoni Taslim, Kepala Bapelitbangda Ramli Sanudin, ,Kepala Dinas Kominfo Bachtiar Peohoa, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Zainudin, Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Sukri Mattorang., Kepala DPMDP3A Abd. Wahid Hasan, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Chaerul Amri, Analisis Kebijakan Dinas Koperasi dan UMKM Daerah Amnan Maidi, unsur Forkompicam Menui Kepulauan, kepala desa dan anggota BPD se-Kecamatan Menui Kepulauan, tim penggerak PKK se-Kecamatan Menui Kepulauan, tokoh pemuda, tokoh agama serta tokoh masyarakat. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….