Audiensi Peluang Kerjasama antara UMK dengan Pemda Morowali

Rektor UMK diterima Asisten II Pemkab Morowali saat berkunjung di Kantor Bupati pada Kamis (24/02/2022). Foto: Kominfo Morowali

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali, melalui Asisten III Bidang Administrasi Umum Husban Laonu, menerima kunjungan Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) beserta rombongan di Ruang Rapat Bupati Morowali, pada Kamis (24/02/2022).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk diskusi bersama terkait peluang kerjasama antara UMK dengan Pemda Morowali.

Husban Laonu menyampaikan selamat datang dan terimakasih kepada Rektor UMK bersama rombongan. Audiensi hari ini sejalan dengan program prioritas dan menjadi salah satu misi Pemda Morowali, yaitu peningkatan kualitas SDM sebagaimana tercantum dalam RPJMD 2018-2023.

Dikatakannya bahwa salah satu stakeholder terpenting untuk membangun negeri serta pemerintahannya adalah aspek akademis, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

Stakeholder akademis ini akan dikolaborasikan dengan Pemkab Morowali sebagai salah satu bentuk pelayanan dan perhatian kepada masyarakat.

“Pemda Morowali sangat mengapresiasi pertemuan ini, kami percaya bahwa aspek akademis menjadi salah satu penyangga terkuat membangun negeri, khususnya Kabupaten Morowali. Untuk tawaran kerjasama ini, secara umum sudah banyak berjalan dengan universitas lain, namun Pemda akan terus mendukung pihak manapun yang ingin berkolaborasi membangun Morowali,” ungkapnya.

“Semoga program-program yang sudah dipaparkan hari ini, nantinya dapat diimplementasikan dan direalisasikan menjadi sinergi, kerjasama, kolaborasi yang baik, sehingga hal ini menjadi solusi untuk Kabupaten Morowali semakin maju ke depannya,” ujarnya.

Sementara Rektor UMK, Amir Mahmud menyampaikan rasa terimakasih atas kesempatan yang diberikan Pemda Morowali, dalam rangka audiensi bersama terkait peluang kerjasama.

Audiensi ini sebagai bentuk kepedulian pengembangan sumber daya manusia dari pihak akademis kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Morowali.

“Kami berterimakasih atas sambutan Pemda Morowali, untuk memperkenalkan UMK sekaligus beraudiensi terkait peluang kerjasama ke depannya. Audiensi ini tentunya dalam rangka mengakselerasikan program pengembangan SDM, penelitian dan pengabdian masyarakat,” katanya.

“Kami berharap melalui pertemuan yang diwakili bapak Asisten III hari ini, beberapa rekomendasi yang sudah kami sampaikan dapat disetujui oleh Bupati Morowali terkait program/kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya,” ungkapnya.

Harapannya, pihaknya meminta dukungan Pemda Morowali dalam proses pengembangan ke Pendidikan Tinggi,, yang saat ini UMK juga membuka program kuliah jarak jauh dalam memenuhi kebutuhan peningkatan SDM khusunya di Morowali
.
“UMK telah membuka program kegiatan peningkatan kualitas SDM, termasuk aparat desa, masyarakat yang tidak bisa lanjut kuliah karena ekonomi dan sebagainya, serta penguatan kepada ASN yang belum sarjana,” jelasnya.

“Kami juga telah membuka program jarak jauh, seperti Universitas Terbuka yang dimiliki satu-satunya di Indonesia oleh perguruan tinggi swasta yaitu Universitas Muhammadiyah. InShaAllah melalui program ini, kami bertujuan membantu pemerintah untuk mengakselerasi pembangunan di daerah yang kemudian kajian ini membantu dasar acuan untuk pengambilan kebijakan,” paparnya. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini….