Rekrut Anggota Baru, AJI Kota Palu Terima Jurnalisme Warga dan Mahasiswa 

PALU, Kabar Selebes – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu membuka penerimaan anggota baru. Pendaftaran dibuka sejak Kamis, 3 Maret 2022 dan dapat diakses melalui link s.id/ajipalu, selambat-lambatnya Selasa 15 Maret 2022 mendatang. 

Ketua AJI Kota Palu, Yardin Hasan, mengatakan, penerimaan anggota baru ini merupakan amanat Konferensi Kota (Konferta) AJI Palu tahun 2021 lalu dengan merujuk pada Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART) AJI. 

“Rekrutmen kali adalah bagian dari konsolidasi organisasi serta proses regenerasi, mengingat ada beberapa anggota AJI Palu yang mundur dan memilih organisasi profesi konstituen dewan pers lain yang mungkin sesuai dengan basic jurnalistik mereka,” kata Yardin, Jumat (4/3/2022). 

Yardin mengajak kepada orang-orang yang berkecimpung di dunia jurnalistik dan merasa sepaham dengan asas perjuangan AJI, agar bergabung untuk sama-sama berjuang mewujudkan pers yang independen dan terpercaya di mata publik. 

“Asalkan ada kaitannya dengan kerja-kerja jurnalistik, silahkan bergabung. AJI bahkan menerima anggota dari perancang desain berita, atau layouter. Jadi tidak hanya terbatas untuk wartawan di platform media tertentu saja, boleh dari cetak, online, radio, televisi dan pewarta foto. Bahkan AJI terbuka untuk jurnalis warga dan mahasiswa,” tutup jurnalis Palu Express itu. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penerimaan Anggota AJI Kota Palu, Rifai, menambahkan, sejak dibuka tanggal 3 Maret lalu, jumlah pendaftar yang masuk sudah mencapai 20 lebih orang. Bukan hanya dari Kota Palu saja, melainkan dari beberapa kabupaten, seperti Parigi Moutong, Sigi dan Banggai. 

Sejauh ini, kata dia, pihaknya tidak memberikan batas kuota bagi pendaftar. Jika pendaftarnya banyak, kemungkinan akan dibagi dalam dua sesi. 

“Karena mereka juga akan melewati beberapa tahap seleksi. Bukannya sengaja ingin memperketat orang untuk bergabung di AJI, tapi memang AD/ART maupun PO mengatur seperti itu, ada tahapan-tahapannya. Justru AJI sangat terbuka asalkan yang bersangkutan memiliki komitmen yang sama dengan perjuangan AJI,” tegas Rifai. 

Jurnalis Media Alkhairaat itu menguraikan timeline penerimaan anggota AJI Palu kali ini.  

Sesuai hasil rapat panitia, dalam hal ini Divisi Organisasi dengan Ketua dan Sekretaris AJI Kota Palu, maka penerimaan anggota dimulai dari pendaftaran dan pengembalian formulir dari tanggal 3 – 15 Maret 2022, seleksi berkas 16 – 18 Maret, pemantauan 19 Maret – 10 Mei, seleksi tertulis/wawancara tanggal 14 Mei dan dilanjutkan dengan pembekalan tanggal 15 Mei. 

“Memang agak panjang karena ada tahap pemantauan, sekali lagi itu perintah AD/ART dan PO, bukan kemauan kami. Bahkan di AJI kota yang lain, tahap pemantauannya ini sampai tiga bulanan. Jadi panitia akan melakukan tracking kepada kawan-kawan yang sudah mendaftar. Utamanya dalam hal kode etik dan perilaku,” jelasnya. 

Sebelum dinyatakan lulus, calon anggota AJI juga akan mendapatkan pembekalan, seperti nilai-nilai ke-AJI-an (sejarah berdirinya AJI atau Deklarasi Sirnagalih), Kode Etik dan Kode Perilaku AJI, ketenagakerjaan dan gender (jurnalisme keberagaman) dan hal lain yang berkaitan dengan kerja-kerja pers. 

Selain dari para senior AJI Kota Palu, panitia juga berencana akan menghadirkan pemateri pembekalan dari AJI Indonesia, meskipun hanya lewat daring. 

“Pembekalan ini untuk memberikan pemahaman kepada calon anggota AJI Palu tentang kewajiban dan tanggung jawab moral harus dipikul sebagai jurnalis,” tutupnya. (*/abd) 

Laporan : Abdee Mari 

Silakan komentar Anda Disini….