DMI akan Benahi Fasilitas Pendukung di 200 Masjid di Sulawesi Tengah

Ketua DMI Sulteng Ahmad M Ali (Foto: Abdee Mari/KabarSelebes.id)

PALU, Kabar Selebes – Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Sulawesi Tengah secara resmi dilantik oleh Ketua Umum DMI Jusuf Kalla, di Palu, Minggu (6/3/2022). Secara resmi pula, DMI Sulawesi Tengah dipimpin oleh Ahmad Ali, yang juga anggota DPR RI dari daerah ini. 

Dalam sambutannya, Ahmad Ali menyebut DMI akan membenahi fasilitas pendukung di 200 masjid di Sulawesi Tengah. Pembenahan dilakukan guna meningkatkan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan lain di masjid. 

“Sebagai langkah awal, sarana masjid khususnya toilet dan tempat wudhu di 200 masjid di Sulteng akan dibenahi,” kata Ahmad M Ali. 

Menurut data Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah, total ada 3.563 masjid dan 1.210 mushola di wilayah Sulawesi Tengah. Namun, menurut catatan DMI belum semua masjid memiliki fasilitas pendukung yang memadai. 

Ketersediaan air serta pemeliharaan kebersihan toilet dan tempat wudhu masih menjadi masalah di sebagian masjid. “Tantangan kita bukan membangun masjid, tapi bagaimana melengkapi sarana yang representatif di masjid dan mengembangkan fungsi masjid,” kata Ahmad Ali. 

Selain memperbaiki fasilitas pendukung masjid, menurut dia, DMI Sulawesi Tengah akan berupaya mengoptimalkan peran dan fungsi masjid serta meningkatkan kapasitas pengelola dan pengurus masjid. “DMI dalam waktu dekat akan berkolaborasi dengan pondok pesantren untuk membina dan meningkatkan kompetensi pegawai syarat,” katanya merujuk pada imam, muazin, dan khatib.(abd) 

Laporan : Abdee Mari 

Silakan komentar Anda Disini….