Pasien Covid-19 di RSU Undata Palu Lebih Banyak yang Bergejala Ringan  

Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Undata Palu, Drg. Herry Mulyadi saat menghadiri podcast beberapa waktu lalu.(Foto: Indrawati)

PALU, Kabar Selebes – Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Undata Palu, Drg. Herry Mulyadi menyebut bahwa tingkat rawat inap pasien Covid-19 di RSU Undata terbilang normatif, meski kasus covid-19 di Sulteng terkhusus Palu meningkat. 

“Untuk pasien yang rawat inap di RS memang tidak seperti tahun sebelumnya, meski kasus covid-19 meningkat. Jika tahun kemarin banyak masyarakat yang bergejala berat, tahun ini pasien lebih banyak kondisinya itu lebih ringan. Jadi jika ada pasien yang datang dan tidak perlu perawatan di RS, Kami sarankan untuk isolasi mandiri di rumah,” kata Herry Mulyadi, Rabu (10/3/2022). 

Menurut Herry, hal itu disebabkan karena capaian vaksinasi dan kesadaran masyarakat akan penting vaksinasi, yang tentunya membentuk herd immunity sehingga kekebalan tubuh terbentuk, sehingga mengurangi tingkat efek berbahaya dari Covid-19. 

Namun Ia tak menampik bahwa kasus Covid-19 di kota Palu khususnya melonjak tinggi. Pihak rumah sakit juga tetap melakukan penanganan pasien covid-19 sesuai standar operasional. Serta ketersediaan tempat tidur, tenaga medis dan oksigen yang sejauh ini masih terbilang aman. 

“Ketersediaan tempat tidur kami di RS rujukan ada  65, jika dibandingkan Dengan Juli, Agustus 2021, dimana juga sama tingkat covid-19 naik dan  membutuhkan seratus lebih, untuk tahun ini  berbeda, pasien kondisinya lebih ringan, seperti flu biasa,” ungkapnya. 

Lebih lanjut Drg.Herry menyampaikan kepada masyarakat untuk mengikuti vaksinasi, sehingga menekan angka penyebaran Covid-19 sampai akhirnya pandemi kedepan akan berganti menjadi endemi. 

“Meski vaksin tidak membuat seseorang bebas dari Covid-19, setidaknya bisa mengurangi resiko  berat bahkan kematian,selain itu protokol kesehatan harus tetap diterapkan sehingga kita berharap Covid-19 berkurang dan kedepan pandemi beralih ke endemi,” pungkasnya (iz) 

Laporan : Indrawati Zainuddin 

Silakan komentar Anda Disini....