Palu  

Buka Diskusi IAP, Kaban Kesbangpol Palu : Pancasila sudah Final 

Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Palu H. Ansyar Sutiadi (Tengah).(Foto: Humas)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu diwakili Kepala Badan (Kaban) Kesbangpol Kota Palu H. Ansyar Sutiadi menghadiri sekaligus membuka kegiatan Kegiatan Diskusi Kelompok Terpumpun Indeks Aktualisasi Pancasila (IAP) Tematik Kota Palu, Selasa (15/03/2022). 

Hadir pada acara tersebut sekaligus sebagai narasumber Direktur Jaringan dan Pembudayaan BPIP RI, Irene Kambalin, Kepala Bappeda Kota Palu, Drs Arfan, M.Si, Sekretaris Bappeda Kota Palu Ibnu Mundzir, SP, M.Eng, Plt Kadis Diskominfo Kota Palu Nathan Pagasongan dan sejumlah OPD terkait lainnya.  

Pada kesempatan tersebut, Kaban Kesbangpol menyampaikan terima kasih dan apresiasi aan setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan diskusi terpimpin pengukuran indeks aktualisasi pancasila tematik di Kota Palu yang difasilitasi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu.  

BACA JUGA :  Pertokoan Hasanudin Palu Disemprot Disinfektan, Ratusan Pengunjung Berhamburan

Sebutnya, Indonesia yang multikultur membutuhkan konsepsi atau cita yang mampu merangkul keberagaman bangsa dari sabang sampai merauke. Pancasila sebagai cita menjadi landasan statis sekaligus sebagai letistar atau bintang penuntun menuju cita-cita kemerdekaan indonesia yang termaktub dalam pembukaan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945. 

Sebagai dasar dan falsafah atau pandangan hidup (weltanschauung) negara indonesia, pancasila digali oleh para pendiri bangsa dan diwariskan ke generasi selanjutnya secara simultan.  

BACA JUGA :  Ini Alasan Wali Kota Palu Copot Lurah Donggala Kodi Pasca Didemo Warga

“Pancasila sebagai dasar negara adalah final sejak menjadi kesepakatan bersama oleh pendiri bangsa sebagai dasar Indonesia merdeka. Kini saatnya, perbincangan kajian ataupun kegiatankegiatan tentang pengamalan Pancasila tidak hanya sebatas pada tingkat — wacana atau diskursif,” kata Ansyar.  

Saya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, kita semua dapat memahami betul nilai-nilai pancasila dan mengaktualisasikannya di tengah masyarakat. Karena tantangan terhadap aktualisasi Pancasila saat ini sangat luar biasa, dengan perkembangan teknologi informasi serta perkembangan pergaulan.(*/abd/suf) 

BACA JUGA :  Lagi, DPRD Palu Temukan Keluhan Petugas Posko Kesehatan Terpadu Terkait APD

Laporan : Indrawati Zainuddin 

Silakan komentar Anda Disini….