Bupati Delis Akui Peranan Imam Masjid sangat Penting untuk Terciptanya Kerukunan dan Keamanan

KOLONODALE, Kabar Selebes – Kementerian Agama Kabupaten Morowali Utara menggelar kegiatan pembinaan dan pelatihan imam masjid se Kabupaten Morowali Utara, tanggal 18 s/d 20 Maret.

Kegiatan itu menghadirkan sejumlah narasumber utama termasuk dari Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Provinsi Sulawesi Tengah.

Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut dibuka oleh Bupati Morut Delis Julkarson Hehi di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali Utara di Tompira, Jumat sore (18/3).

Acara pembukaan turut dihadiri Ketua TP PKK Morut Ny Febriyanthi DJ Hehi, Kepala Kantor Kementrian Agama Morut Dra. Hj. Marwiah, M.Si dan pejabat yang mewakili Camat Petasia Timur.

BACA JUGA :  Bupati Morut Hadiri Rakornas Investasi, Presiden: Regulasi Daerah Harus Mudahkan Investasi

Dalam sambutannya, Bupati Delis mengakui peranan para imam masjid sangat penting dalam menjaga keamanan dan kerukunan diantara umat.

Dan secara khusus pula, katanya, posisi para imam masjid sangat menentukan keberhasilan program Morut Cerdas, bukan hanya cerdas intelektual tapi juga cerdas spiritual.

Selanjutnya, dengan berkembangnya Morut sebagai daerah tujuan investasi, otomatis para pemuka agama termasuk imam masjid, sangat berperan penting dalam menciptakan suasana aman dan tenteram.

“Dimana pun kalau kondisi tidak aman, pasti pemilik modal tidak akan mau berinvestasi. Mereka sangat membutuhkan kenyamanan,” ujarnya

Bupati Delis juga mengungkapkan pada tahun ini Pemda Morut akan memberi insentif sebesar Rp 500 ribu perbulan kepada setiap imam masjid, pendeta, dan pemangku.

BACA JUGA :  Realisasi APBD Morut Berada di Garis Merah, Bupati Delis Minta Pimpinan Perangkat Daerah Evaluasi Diri Sendiri

Besaran insentif ini akan disesuaikan dengan perkembangan pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahun. Jika PAD meningkat, insentif ini diharapkan dapat meningkat pula.

“Jadi jangan dilihat dari besarannya, tapi ini merupakan komitmen pemerintah daerah kepada pada tokoh agama yang mengabdikan dirinya untuk membina akhlak umat secara keseluruhan,” tambah Bupati.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morut Dra.Hj. Marwiah, M.Si, mengemukakan kegiatan pembinaan kepada para Imam Masjid ini dimaksudkan untuk memberikan kesegaran pengetahuan dan menyesuaikan kondisi kekinian.

Pembinaan ini sengaja dilakukan menjelang bulan puasa agar tercipta suasana yang damai dan tentram. (*/hen)

BACA JUGA :  3 Orang Tim SAR yang Hilang di Sungai Desa Tambayoli Ditemukan Selamat

Laporan : Heandly

Silakan komentar Anda Disini….