Awasi Orang Asing, Kanwil Kemenkumham Sulteng Libatkan Semua Unsur Aparat Hukum 

Rapat Tim Pengawasan Orang Asing yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sulteng.(Foto: Abdee Mari)

PALU, Kabar Selebes – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Tengah melakukan pengawasan terhadap orang asing dengan melibatkan seluruh instansi terkait. 

Dalam rapat Tim Pengawasan Orang Asing (Tim PORA) yang digelar Selasa (22/3/2022), Kanwil Kemenkumham Sulteng melibatkan 22 instansi. Rapat ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir di salah satu hotel di Palu. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir mengatakan, pelibatan unsur aparat hukum pemerintah dalam Tim PORA ini dimaksudkan agar semua lini bisa bekerja mengawasi orang asing di Sulawesi Tengah. 

Kakanwil Kemenkumham Sulteng Budi Argap Situngkir saat memberikan sambutan pada Rapat Tim Pengawasan Orang Asing yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Sulteng.(Foto: Abdee Mari)

“Pelibatan unsur aparat hukum pemerintah seperti Polisi, TNI, Bea Cukai, Kesbangpol, BNN, Kejaksaan dan lainnya, ini agar semua duduk bersama bagaimana kita lakukan sinergitas dalam pengawasan orang asing,” kata Budi Situngkir. 

Hal ini kata Budi, disebabkan dengan adanya undang-undang ciptakerja memberikan peluang bagi warga negara asing untuk bekerja di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tengah.  

“Kita juga berkewajiban menjaga ini supaya tidak disalahgunakan, karena manfaat dengan adanya orang asing ini juga kita tidak menutup mata bahwa secara ekonomis mereka meningkatkan pendapatan kita,” lanjut Budi. 

Namun kata Budi, para tenaga asing itu berkewajiban untuk menransfer ilmu kepada masyarakat Indonesia.(abd) 

Laporan :Abdee Mari 

Silakan komentar Anda Disini….