ACT Palu Kirim Logistik untuk Korban Banjir di Tolitoli 

Relawan ACT Palu menyalurkan bantuan ke Tolitoli.(Foto: Dok)

PALU, Kabar Selebes – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palu melakukan respon cepat dengan menyalurkan bantuan logistik tahap awal kepada para korban banjir di Kabupaten Tolitoli. 

“Beberapa hari ini tim relawan bergerak cepat berupaya semaksimal mengumpulkan bantuan dari para sahabat derwaman dan hari ini Insya Allah tengah kami siapkan  untuk segera dilakukan pengiriman ke lokasi bencana,” ujar Kepala Cabang ACT Palu, Nana Achar, Sabtu (26/3/2022). 

Nana Achdar menjelaskan, berdasarkan hasil assessment oleh tim MRI di lapangan, kemunginan bantuan yang di antarkan mungkin akan melewati jalur darat terus di sambung melalui jalur laut.  

Karena ada beberapa akses menuju lokasi bencana tak bisa di lewati karna jembatan putus akibat banjir. Dan selain kebutuhkan makanan, beberapa kebutuhan paling mendasar korban ialah pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, selimut, handuk seobat-obatan serta perlengkapan keluarga lainnya. 

“Alhamdulillah selain bantuan dengan uang tunai, para donatur dan mitra juga memberikan donasi dalam bentuk barang yang dibutuhkan para korban,” tuturnya. 

“Insya allah kami upayakan pengiriman hari ini, tidak menutup kemungkinan bantuan tahap dua akan dilakukan karena kami masih terus berkomunikasi dengan relawan yang ada di Toli toli saat ini. 

Untuk ACT Palu sendiri kata Nana, juga membuka donasi untuk saudara kita yang ada di Tolitoli, Sehingga ACT Palu mengirimkan barang ke sana, karena memang sudah masuk beberapa donatur baik itu individu maupun mitra. 

Untuk diketahui,sebanyak 10 rumah warga hanyut terbawa arus di desa galumpagan yang terdampak banjir dan 3 jembatan putus dan ratusan rumah rusak ringan pada Rabu (23/3/2022).(*/abd) 

Laporan : Abdee Mari