ACT Palu Berkolaborasi Gelar Donor Darah jelang Ramadhan 

ACT bersama pihak-pihak terkait seperti PMI Palu, Bank Sulteng dan the Bandsow Palu, menyelenggarakan kegiatan donor darah.(Foto: Dok)

PALU, Kabar Selebes – Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Palu bersama pihak-pihak terkait seperti PMI Palu, Bank Sulteng dan the Bandsow Palu, menyelenggarakan kegiatan donor darah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443H yang bertempat di Café BandSow, kamis, (31/3/2022). 

Kegiatan tersebut juga dirangkai mengalang donasi untuk berbagi iftar di bulan Ramadhan untuk para duafa, yatim dan santri. 

Kepala Cabang ACT Sulteng Nana Achdar mengatakan donor darah itu menargetkan sebanyak 200 pendonor. 

“Mungkin tidak bisa capai target tetapi kita semaksimal mungkin mengundang orang-orang untuk mendonor dan kita ikhtiarkan saja karena era sekarang ini filter untuk mendonor semakin banyak, dan selain donor darah, kegiatan ini juga dirangkai dengan menggalang donasi untuk persiapan memasuki bulan Ramdhan berbagi Iftar dan sahur,” ungkap Nana. 

Kegiantan ini berkangsung sehari di buka mulai pukul, 08:00 wita hingga sore nanti. 

“Untuk syaratnya sekarang ini itu kalau sudah vaksin pertama itu tidak boleh mendonor dan setelah sebulan vaksin kedua baru boleh bisa mendonor. Jadi banyak sekali saat ini skrining atau filternya jadi harus mengundang banyak orang, tetapi ketika orang yang belum vaksin itu diperbolehkan asal skriningnya lulus,” tambahnya.  

Menurut Nana, melakukan donor dara mendekati bulan suci Ramadhan, sengaja dilakukan agar pertisipasi masyarakat juga baik. 

“Kita ambil program donor darah, karena donor darah ini penting sebagai penyelamat kehidupan saudara kita yang membutuhkan diera pandemi, sebab dari PMI sendiri kebutuhan darahnya itu sekitar 1.500 kantong perbulan menurut PMI sendiri,” tuturnya.(*/abd) 

Laporan : Abdee Mari 

Silakan komentar Anda Disini….