Meriahnya Gebyar Ramadhan Paud dan TK Se-Kecamatan Taopa Sambut Bulan Ramadhan 1443 Hijriyah 

Peserta Gebyar Paud dan TK meriahkan sambut bulan Ramadhan di Taopa (foto : Hasan Bunyu)

TAOPA, Kabar Selebes – Seakan tak mau kalah dengan kakak tingkatnya di MTs dan SMA Alkhairaat Taopa yang memeriahkan syiar Ramadhan semalam.  Kali ini sekitar 600an siswa Paud dan TK, melalukan kirab gebyar Ramadhan menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1443 Hijriyah, Jumat 1 April 2022 mulai pukul dua siang. 

Alasan Anak-anak seusia lima hingga enam tahunan di Kecamatan Taopa meriahkan bulan suci ini, sangat klasik, “saya suka bulan Ramadhan, karena banyak orang jual kue dan minuman,” M. Izzat Khattanil Islam, siswa TK Pertiwi Desa Taopa. 

Izzat dan ratusan  siswa Pendidikan Anak Usa  Dini (Paud) dan Taman Kanak-kank (TK) lainnya, berada dalam rombongan kirab menyambut datangnya Ramadan 1443 Hijriah di Taopa. Izzat sangat bersemangat, karena tahun ini merupakan tahun pertama dirinya ikut berpuasa, “saya so besar jadi harus puasa, tahun lalu belum puasa karena masih kecil,” ujarnya polos 

Pantauan Kabar Celebes di lapangan, meski peserta pawai gebyar Ramadhan  yang didominasi siswa PAUD dan TK ini, terlihat antusias mengikuti gebyar. Mereka membawa sejumlah poster dan umbul-umbul yang bertuliskan Selamat Datang Ramadhan.   

Bahkan, ada pula mengenakan pakaian militer Polisi dan TNI, lengkap dengan senjata dan atribut kepangkatan, padahal bukan menyambut hari kemerdekaan. Mobil yang mereka tumpangi pun ramai dengan hiasan bendera merah putih dan lambang burung garuda. Hanya sedikit yang menghiasi mobilnya dengan nuansa Ramadhan. 

Camat Taopa Sudarso saat melepas gebyar Ramadhan mengatakan, kiranya para orangtua yang memiliki anak di Paud dan TK, hendaknya membimbing untuk melaksanakan ibadah puasa sejak dini. ” Gebyar ini sangat berdampak positif karena dengan kegiatan ini, melahirkan cinta anak-anak dengan semangat bulan suci Ramadhan,” kata mantan Camat Tinombo dan Bolano itu.  

Menurut dia, bulan puasa harus disambut dengan bahagia. “Seperti gebyar ini, kalo so cinta Ramadhan. Maka saya yakin, mereka akan ikut melaksanakan puasa, meski tak penuh,” harapnya. 

Pria yang tinggal di Desa Beringin Jaya Kec. Bolano Lambunu itu berharap, dengan adanya gebyar ini rasa bahagia dan semangat anak-anak pada pawai ini bisa tertular pada saat mereka menjalankan ibadah puasa. 

Saat tiba di halaman kantor Camat Taopa, anak-anak Paud dan TK yang berasal dari 11 kecamatan yang ada di Kec. Taopa itu, langsung melaksanakan tarian gebyar Ramadhan. 

Sementara itu, Koordinator Wilayah Dinas Pendidikan (Korwil Disdik) Paud, TK, SD dan SMP Kec. Taopa, Dra. Hasna Karim kepada media ini menjelaskan jika gebyar Ramadhan Paud dan TK merupakan program tahunan dalam kalender Kelompok Kerja (Pokja) pendidikan usia dini. “Ini merupakan program wajib di Pokja dalam binaan pengembangan mental anak usia dini. Termasuk dalam rangka menyongsong bulan Ramadhan tahun ini,” jelasnya.  

Mantan Kepala SMP Negeri 1 Moutong itu menerangkan, meski tahun 2022, Gebyar Ramadhan 1443 Hijriyah, tak semeriah beberapa tahun lalu, dikarenakan adanya wabah covid-19, sehingga hanya memperbolehkan sepertiga dari satuan pendidikan di bawah naungannya yang bisa ikut gebyar. “Meski pesertanya hanya dari kalangan Paud dan TK, tapi insya Allah tetap meriah pak. Buktinya, kita saksikan semua, lebih 500 orang yang hadir,” bangganya menutup percakapan. (hcb) 

Laporan : Hasan Cl. Bunyu 

Silakan komentar Anda Disini....