Pemda Morowali Bahas Pembukaan Pendaftaran Program Pendidikan Setara D1 Vokasi Industri

Badan Penilitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), membahas pelaksanaan Pendaftaran Program Pendidikan Setara Diploma Satu (D1) Vokasi Industri.(Foto: Dok)

MOROWALI, Kabar Selebes – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Morowali melalui Badan Penilitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda), membahas pelaksanaan Pendaftaran Program Pendidikan Setara Diploma Satu  (D1) Vokasi Industri.

Kegiatan berlangsung di Ruang Rapat Kepala Balitbangda Morowali, pada Rabu (06/04/2022). Dihadiri oleh Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Husban Laonu, Kepala Balitbangda Ramli Sanudin, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Amir Aminudin, dan perwakilan OPD terkait lingkup Pemkab Morowali.

Dalam rapat tersebut, Assisten III Husban Laonu mengungkapkan, bahwa pertemuan ini untuk membahas secara detail terkait proses pelaksanaan pendaftaran program pendidikan setara D1 vokasi industri. Ini merupakan Ide Pemda dalam meningkatkan SDM, mengantisipasi kebutuhan tenaga industri, serta menurunkan angka pengangguran.

“Rakor ini bertujuan untuk menyelaraskan rencana program kerja masing-masing OPD terkait, guna melihat sejauhmana proses penerimaan. Sekiranya di evaluasi jumlah peserta yang telah mendaftar sampai saat ini. Kita tingkatkan dalam penyebaran informasi di setiap desa, dimatangkan untuk proses seleksinya. Sehingga apa yang sudah dimulai sejalan dengan apa yang kita inginkan,” jelasnya.

“Harapannya semua OPD membantu secara maksimal, agar tujuan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia dalam memenuhi kebutuhan tenaga kerja sektor industri di masa depan teratasi,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan, Amir Aminudin, melaporkan jumlah pendaftar per April. Serta perlunya penyebaran informasi yang lebih luas, agar diketahui seluruh lapisan masyarakat dari daratan hingga kepulauan.

“Kita perlu peninjauan kembali terkait para pendaftar. Saat ini kita melihat penyebaran informasi yang masih kurang. Sangat diperlukan OPD yang bersangkutan dalam penyebaran informasi. Kita juga bisa bekerjasama dengan setiap kecamatan hingga desa  untuk publikasi, baik secara lisan (pengumuman), media cetak ataupun media online,” bebernya.

“Adapun untuk persyaratan pendaftaran telah tertera dalam poster yang akan disebarluaskan dan proses pendaftaran dari Dispen. Kita telah membagi 4 sift untuk bergantian di Kampus Pendidikan Vokasi Industri (SMP Negeri 1 Bungku Tengah),” sebutnya.

Diketahui, pendaftaran Program Pendidikan Setara Diploma Satu  (D1) Vokasi Industri terdapat tiga jurusan. Yakni D1 Mekanik Mesin, D1 Analisis Kimia Logam, dan D1 Instalasi Listrik, untuk perkuliahan bebas biaya pendidikan dan beasiswa. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....