Safari Dakwah Pemkab Morowali, Tim Safari Ramadhan Gelar Ceramah di 3 Kecamatan

Wakil Bupati Morowali memimpin Tim Safari Ramadhan dalam menyampaikan dakwah di masjid-masjid di tiga kecamatan. (foto: doc.)

MOROWALI, Kabar Selebes – Mengawali kegiatan Safari Ramadhan 1443 hijriyah/2022 masehi, Tim Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali menggelar Ceramah di 3 kecamatan sekaligus. Dengan menggunakan alat transportasi kapal Pemkab Morowali (KM Wisata Sombori).

Safari Ramadhan dipimpin Wakil Bupati Najamudin. Tim Safari Ramadhan menggandeng 19 mubaligh, menyampaikan dakwah di seluruh masjid di wilayah Kecamatan Menui Kepulauan, Bungku Selatan dan Bungku Pesisir.

Safari dakwah berlangsung selama lima hari perjalanan, yakni sejak 5 April hingga 9 April. Dimulai dari Menui Kepulauan, disusul Bungku Selatan dan terakhir Bungku Pesisir.

Kegiatan safari dakwah mengusung tema “Inspirasi dalam Memperkokoh Iman dan Taqwa untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah di Bulan Suci Ramadhan Khususnya Bagi Seluruh Umat Muslim Kabupaten Morowali”.

BACA JUGA :  Diduga Depresi, Seorang Warga di Bungku Tengah Ditemukan Tewas Gantung Diri

“Taqwa adalah Tawadhu, Qanaah, Wara’. Tawadhu artinya rendah hati atau tidak sombong, Qanaah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yang diusahakannya, serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang, sedangkan Wara’ adalah menghindari segala hal yang mengandung syubhat atau tidak jelas status halal haramnya,” jelas Najamudin dalam dakwahnya.

“Sementara Iman adalah yakin dan percaya akan keberadaan Allah Subhana Wa’ Ta’ala, Rasul dan kitab-kitabnya,” tuturnya di setiap masjid yang dikunjunginya.

Orang yang bertaqwa akan mendapat kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat. Sementara yang tidak bertaqwa akan mendapatkan ganjaran sesuai dosa yang dilakukannya.

Apabila keimanan dan ketaqwaan sudah melekat pada diri seseorang, maka hidupnya tidak gampang tergoda dalam kesesatan.

BACA JUGA :  Delapan Lapak dan Satu Ruko di Bahodopi Ludes Terbakar, Kerugian Materi Sekitar Rp1,5 Miliar

“Olehnya, saya berharap melalui kegiatan Safari Dakwah yang kami lakukan di bulan Ramadhan kali ini, masyarakat dapat tercerahkan dan semakin taat dalam menjalankan ibadah sholat, berpuasa dan juga ibadah-ibadah lainnya sebagai bekal hidup di dunia dan akhirat kelak,” harap mantan Kandepag Kabupaten Poso ini.

Diketahui, dalam perjalanan safari dakwah, untuk Menui Kepulauan berlangsung pada 6 April 2022. 19 mubaligh, serta pendamping dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyebar di seluh masjid yang sudah ditentukan.

Sementara Najamudin didampingi Kepala Dinas Kominfo, Bachtiar Peohoa, menggelar sholat Tarwih, sekaligus dakwah di masjid Jami, Kelurahan Ulunambo. Dan untuk dakwah subuh berlangsung di masjid Miftahul Jannah di kelurahan yang sama.

BACA JUGA :  Cegah Penyebaran Covid-19, Wakil Ketua DPRD Morowali Berdayakan Ibu-ibu Menjahit Masker

Selanjutnya, dihari kedua, tepatnya, 7 April 2022, Tim Safari Ramadhan bergeser ke Bungku Selatan. Di kecamatan tersebut, para Mubaligh bersama OPD pendamping, juga langsung menuju masjid tempat dakwah sesuai jadwal yang ditentukan. Sementara Najamudin gelar dakwah di masjid Desa Loko Ambulo.

Di hari ketiga, Jumat 8 April 2022, tim safari dakwah menuju Bungku Pesisir. Di kecamatan itu, Najamudin berdakwah di masjid An Nur, Desa Tangofa. Sementara para mubalig lainnya berdakwah di masjid-masjid yang sudah ditentukan.

Usai berdakwah di Bungku Pesisir, tim dakwah kembali ke Bungku, dan tiba dengan selamat pada Sabtu, 09 April 2022, tepatnya pukul 02.00 Wita. (kominfo/ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....