Puluhan Mahasiswa dari HMI MPO Morowali Demo DPRD Tolak Penundaan Pemilu dan Presiden Tiga Periode

HMI MPO menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Morowali pada Senin (11/04/2022). Foto: Doc.

MOROWALI, Kabar Selebes – Sekitar puluhan mahasiswa mahasiswi yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) MPO Cabang Kabupaten Morowali, menggelar aksi unjukrasa di Gedung DPRD Morowali, pada Senin (11/04/2022).

Koordinator lapangan (Korlap), Gunawan, dalam orasinya menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin tidak pro terhadap rakyat. Dalam narasi kebangsaan, mahasiswa memiliki peran penting guna menjawab tantangan.

HMI telah melahirkan banyak tokoh nasional dan daerah. Saat ini HMI telah melahirkan banyak tokoh nasional dan daerah. Telah memiliki sebanyak 218 cabang yang tersebar di setiap kabupaten dan kota.

Dikatakannya, bahwa HMI menanggapi perpanjangan tiga periode masa jabatan presiden dan wakil presiden dan penundaan Pemilu.

“Ini wujud nyata permasalahan yang terjadi di negeri ini. Kami menganggap bahwa Jokowi gagal dalam memimpin Indonesia selama dua periode,” tandas Gunawan.

Olehnya, demi mengedepankan Pancasila dan UUD 1945, maka HMI MPO Cabang Morowali menyatakan sikap sebagai berikut;

1. Menuntut pemerintah untuk bersikap tegas menolak dan memberikan pernyataan sikap terhadap penundaan Pemilu  2024 atau masa jabatan 3 periode karena sangat jelas menghianati konstitusi negara.

2. Menuntut pemerintah untuk menunda dan mengkaji ulang undang-undang, termasuk dengan pasal-pasal yang bermasalah dan dampak yang ditimbulkan dari segi aspek lingkungan,hukum, sosial, ekologi, politik, ekonomi dan kebencanaan.

3. Mendesak dan menuntut Jokowi untuk menstabilkan harga dan menjaga ketersediaan bahan pokok di masyarakat dan menyelesaikan permasalahan pangan lainnya.

4. Mendesak dan menuntut pemerintah untuk menurunkan harga minyak goreng dan BBM.

5. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk berkomitmen penuh dalam menuntaskan janji-janji kampanye di sisa masa jabatannya.

6. Mendesak dan menuntut pemerintah untuk menurunkan harga elpiji.

Selanjutnya, HMI MPO dan beberapa anggota dewan melakukan negosiasi di Aula Kantor DPRD. Pertemuan dipimpin Wakil Ketua I DPRD Morowali, Syarifudin Hafid. Hasil pertemuan dituangkan dalam berita acara.

“DPRD Morowali berkomitmen untuk meneruskan tuntutan HMI MPO secara berjenjang ke pemerintah pusat dan daerah,” jelas Syarifudin.

Suasana aksi unjukrasa berjalan aman dan tertib dibawah pengamanan Polres dan Kodim Morowali. (ahl)

Laporan: Ahyar Lani

Silakan komentar Anda Disini....