Palu  

Walikota Minta TACB Inventarisir Peninggalan Sejarah Budaya di Kota Palu

Walikota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E menerima kunjungan silaturahim Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Palu di ruang kerja Kamis (14/04/2022).(Foto: Ist)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu H. Hadianto Rasyid, S.E menerima kunjungan silaturahim Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Palu di ruang kerja  Kamis (14/04/2022).

Rombongan TACB Kota Palu dipimpin ketua tim DR. H. Lukman S Tahir menyampaikan garis besar kunjungan bahwa selama ini peninggalan sejarah belum ada penetapan cagar budaya tingkat Kota Palu.

Apalagi berdasarkan analisa jumlah cagar budaya di Kota Palu baik yang bergerak maupun yang tidak, seperti guma, makam, rumah adat. Contoh kolam renang tua di wilayah Donggala Kodi.

BACA JUGA :  Arogan! Oknum Satpol PP Kota Palu Rampas Kamera Wartawan Tribun Palu Saat Sedang Siaran Langsung

Apalagi sebagian besar cagar budaya di wilayah Kota Palu masih dalam kepemilikan Pemkab Donggala. Sehingga itulah yang mendasari kami dari TABC Kota Palu bertemu Walikota Palu untuk mendiskusikannya.

Menyikapi hal tersebut, Walikota Palu menyampaikan respons positif dan mengapresiasi terbentuknya TABC Kota Palu, jadi tinggal diperkuat lagi pembuatan SK-nya.

“Apa yang disuarakan oleh TACB Kota Palu sudah sangat bagus. Dan tentunya Pemkot Palu akan mengawal hal tersebut, silahkan TACB melakukan inventarisir peninggalan sejarah budaya yang ada di wilayah Kota Palu agar nantinya dasar tersebut bisa dijadikan dasar penetapan cagar budaya Kota Palu,”  Hadyanto Rasyid.(iz)

BACA JUGA :  Pemkot Palu akan Berlakukan Lagi PPKM Jika Covid-19 Melonjak

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini….