Palu  

Program Palu Sehat Diharapkan Mampu Menurunkan Angka Stunting

Walikota Palu Hadianto Rasyid saat membuka rapat koordinasi program percepatan penurunan stunting di kota palu di ruang bantaya, Rabu (27/04/2022).( Foto : Humas Pemkot)

PALU, Kabar Selebes – Walikota Palu, H. Hadianto Rasyid, SE secara resmi membuka rapat koordinasi Program Percepatan Penurunan Stunting di Kota Palu pada Rabu, (27/4/2022) di ruang rapat Bantaya Kantor Walikota Palu.

Rapat yang berlangsung secara offline dan online ini juga diikuti oleh Wakil Wali Kota Palu, dr. Reny A. Lamadjido, Sp.PK.,M.Kes, Ketua TP-PKK Kota Palu, Diah Puspita, S.AP, serta pihak Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres).

Walikota Hadi dalam sambutannya menyatakan bahwa rapat koordinasi ini sangat penting dikarenakan dari data stunting di Kota Palu masih menunjukkan angka yang perlu mendapatkan perhatian penanganan yang serius.

BACA JUGA :  Wali Kota Palu Launching Klinik Indonesia di Rumah Sakit Ibu dan Anak Nasanapura

“Jika angka nasional 24 persen, kita masih 23 persen artinya ini cukup rapat,” katanya.

Menurutnya berbicara tentang upaya mendorong percepatan pembangunan, maka sudah pasti akan berbicara tentang sumber daya manusia (SDM).

SDM, kata Walikota bukan hanya berbicara tentang anak yang sudah sekolah saja, tetapi anak yang di dalam rahim pun merupakan SDM yang perlu disiapkan.

“Untuk itu, bukan hanya menyehatkan janinnya saja, tapi juga menyehatkan ibunya atau kedua-duanya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pasar Ramadhan Resmi Dibuka, Walikota Palu Minta Jaga Kebersihan 

Walikota mengatakan Pemerintah Kota Palu di bawah kepemimpinannya saat ini memiliki program Palu Sehat.

Program tersebut diharapkan merupakan wujud perhatian Pemerintah Kota Palu agar membangun kota yang sehat, keluarga yang sehat, dan masyarakat yang sehat.

“Kalau ini berjalan dengan baik dan tepat sesuai dengan target dan sasaran kita, maka harusnya stunting di Kota Palu sudah menunjukkan tren penurunan. Tetapi kita masih berada di posisi sekitar 24%,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Pemkot Palu Gelar Simulasi Penanganan Bencana

Ia berharap rapat koordinasi ini benar-benar dapat diikuti dengan baik dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang baik, sekaligus semakin memantapkan langkah-langkah dan inisiasi dari semua yang terhubung.

“Prinsipnya tahun 2022 ini, kita harus melakukan langkah-langkah besar agar penurunan stunting di Kota Palu benar-benar bisa turun secara signifikan,” tambahnya.

Tak lupa, Walikota mengucapkan terima kasih kepada pihak Setwapres yang ikut serta dalam rapat tersebut sebagai upaya memberikan perhatian khusus bagi Kota Palu.(iz)

Laporan : Indrawati Zainuddin

Silakan komentar Anda Disini....