BI Sulteng Siapkan Uang Kartal Rp 1 Triliun untuk Lebaran Idul Fitri

Ilustrasi- Warga antri untuk menukarkan uang pada loket mobil kas keliling Bank Indonesia (BI) di Lapangan Vatulemo, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (14/5/2019). (Foto: ANTARA/Mohammad Hamzah)

PALU, Kabar Selebes – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyiapkan uang kartal Rp1 triliun dalam berbagai pecahan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang kartal di seluruh daerah selama libur Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama.

“Uang kartal tersebut sudah didistribusikan ke kas-kas titipan BI dan perbankan di seluruh daerah di Provinsi Sulteng sejak awal bulan Ramadhan,”kata Kepala Kantor BI Perwakilan Provinsi Sulteng Dwiyanto Cahyo Sumirat, di Palu, Kamis (28/4/2022).

Untuk perbankan, ia meminta agar aktif memantau ketersediaan uang kartal di seluruh mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) selama libur Hari Raya Idul Fitri dan cuti bersama.

BACA JUGA :  Sungai Lombosa Meluap, Desa Olu Kabupaten Sigi Dihantam Banjir

Mengingat selama libur, lanjutnya, kantor-kantor perbankan tutup sehingga tidak dapat melayani masyarakat yang ingin menarik atau menukarkan uang di bank dan masyarakat hanya bisa menarik uang di ATM.

“Jangan sampai uang di mesin ATM kosong. Jika berkurang segara tambah lagi. Apalagi bagi masyarakat yang mudik sangat membutuhkan uang kartal dan saat libur Idul Fitri dan cuti bersama hanya dapat diperoleh di ATM,”ucapnya.

BACA JUGA :  Polairud Polda Sulteng Prioritaskan Penjagaan di Destinasi Wisata Pantai Selama Libur Lebaran

Dwiyanto yakin uang kartal yang telah didistribusikan itu dapat memenuhi kebutuhan uang seluruh lapisan masyarakat.

Ia menerangkan Kabupaten Morowali merupakan daerah dengan tingkat kebutuhan uang kartal tertinggi saat Idul Fitri dan cuti bersama di Provinsi Sulteng sebab merupakan daerah industri dengan jumlah pekerja terbanyak dari seluruh daerah di Sulteng dengan jumlah pekerja mencapai puluhan ribu orang.

BACA JUGA :  Tergenang Air Setinggi 50 Cm, 158 KK Terdampak Banjir di Kabupaten Buol

“Dari Rp1 triliun itu paling banyak didistribusikan ke Morowali. Apalagi Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair pasti makin tinggi lagi kebutuhan uang saat Idul Fitri dan cuti bersama,” katanya.(ant/abd)

Editor : Abdee Mari

Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini….