Catatan BTNKT, 129 Wisatawan Kunjungi Togean dalam Lima Bulan Terakhir

Ilustrasi- Sejumlah wisatawan lokal saat berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah belum lama ini. (Foto: ANTARA/Rangga Musabar)

PALU, Kabar Selebes – Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) mencatatkan adanya 129 kunjungan wisatawan di objek wisata Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah dalam kurun waktu lima bulan terakhir.  

Sebelumnya, BNKT menyebut tidak ada kunjungan selama dua tahun yang diakibatkan pandemi.

“Momen libur lebaran, kurang lebih 53 kunjungan wisatawan di Togean, empat diantaranya wisatawan mancanegara (wisman) dan 49 wisatawan lokal,” kata Kepala BTNKT Bustang dihubungi di dari Palu, Minggu (8/5/2022).

BACA JUGA :  Pemkab Parigi Moutong Tetapkan Tanggap Darurat Banjir di Tiga Desa

Ia menilai peningkatan kunjungan wisatawan ini merupakan dampak dari penerapan kebijakan mudik pemerintah, sehingga loka wisata Togean kembali dikunjungi masyarakat.

Dengan kebijakan ini, peluang kunjungan semakin terbuka di Togean, dengan estimasi jumlah kunjungan bisa mencapai 250 wisatawan dalam kurun beberapa waktu ke depan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kunjungan, otoritas setempat dan Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una turus berupaya mempromosikan objek wisata tersebut dengan menggunakan berbagai fasilitas, termasuk sistem digital.

BACA JUGA :  Kapolda Sulteng Pastikan Teroris DPO MIT Poso Tersisa Satu Orang

“Kami ingin destinasi ini lebih meningkat dari sebelumnya dan kembali jaya seperti sebelum masa pandemi COVID-19,” ujar Bustang.

Meski kebijakan mudik sangat memberikan manfaat terhadap pertumbuhan sektor pariwisata, ia memastikan pengunjung objek wisata masih wajib dalam mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Ia juga menambahkan, sebelum pandemi, rata-rata kedatangan wisatawan paling sedikit 1.000 kunjungan per tahun.

BACA JUGA :  Kementerian ESDM akan Optimalkan Sumber EBT untuk Capai Netral Karbon

“Kami berharap wisatawan domestik dapat memanfaatkan kebijakan pemerintah berkunjung ke Togean, karena sudah banyak masyarakat telah menerima vaksinasi penguat,” demikian Bustang.(abd/ant)

Editor : Abdee Mari
Sumber : Antara

Silakan komentar Anda Disini....