Puncak Arus Balik Lebaran Tahun 2022, 556 Kendaraan Lewati Perbatasan Sulteng-Gorontalo

Kepadatan arus balik Idul Fitri 2022 di Gerbang Sejoli Kec. Moutong (foto : Dok Polsek Moutong)

MOUTONG, Kabar Selebes – Sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri 1443 H atau H+7 Lebaran, tepat hari ini, Minggu 08 Mei 2022, tugu perbatasan yang berada  di ujung Desa Sejoli Kec. Moutong Kab. Parigi Moutong sejak pukul 02:00 dini hari hingga malam ini pukul 20:00, terlihat agak padat.

Berdasarkan pantauan KabarSelebes.id Minggu (08/05/2022) pukul delapan malam, posko arus balik Idul Fitri 2022, tampak beberapa petugas dari dinas perhubungan dan petugas dari Markas Kepolisian Sektor (mapolsek) Kec. Moutong, silih berganti mengatur yang keluar dan masuk wilayah Sulawesi Tengah itu.

Brigadir polisi (Brigpol) I Gede Anyana Putra salah seorang personil Polsek Moutong yang berjaga di Pos PAM OPS Ketupat Tinombala Tahun 2022, mengemukakan jika sebenarnya sejak kemarin, Sabtu 07 Mei 2022, kendaraan yang melintasi arus balik di perbatasan Sejoli – Molosifat ini, mulai menampakkan peningkatan. “Cuma nanti tadi subuh sampe malam ini, baru kelihatan sekali peningkatannya. Hampir tak ada jedanya mas,” jelasnya.

BACA JUGA :  Ketahuan Mudik, 953 Kendaraan di Sulteng Disuruh Balik Arah oleh Polisi

Selama pengawasan Anyana, tidak terdapat kendaraan yang menampakkan gerakan tak biasanya. “Syukur, tidak ada gerakan yang mencurigakan. Semuanya seperti biasa, aman, kondusif dan terkendali,” kata Anyana.

Salah seorang petugas dari Dishub Kab. Parigi Moutong Sulteng yang menjaga di pis perbatasan,  Feki Datau mengkalkulasi jumlah kerndaraan keluar masuk gerbang berwarna hitam tersebut. “Dari jam 2 dini hari tadi sampai abis isya malam ini, tercatat 570 kendaraan pribadi yang keluar Sulteng dan yang masuk hanya berbeda sedikit, yakni 556 kendaraan,” tukasnya.

BACA JUGA :  Sidak Pos Pelayanan Idul Fitri, Kapolda Sulteng dan Danrem Pastikan Kesiapan Pengamanan Arus Balik

Puncak peningkatan ini lanjut petugas berbadan atletik itu, didasari oleh berakhirnya masa libur kerja dan  anak sekolah. “Kan besok so mulai bekerja dan anak-anak sekolah. Jadi mungkin beberapa hari kemarin dorang mulai balik untuk pulang ke rumahnya masing-masing. Dan baru hari ini terpantau  lewat disini,” lanjutnya.

Hanya saja, kendaraan truk yang mengangkut sembilan bahan pokok (sembako) belum melonjak seperti hari-hari biasa. “Mungkin sopir-sopir truk masih belum diperintahkan oleh bosnya masing-masing untuk beroperasi,” tebaknya.

BACA JUGA :  Polda Sulteng : Mobil Bak Terbuka Dilarang Angkut Penumpang Terutama Saat Libur Lebaran

Ikhsan Mokoagow, sopir rental tujuan Kecamatan Bilalang, Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara bercerita, jika dia bersama keluarganya sejak  kemaren Sabtu (07/05/2022) meninggalkan kampung mertuanya. Saya sudah targetkan, jika sore ini sampai di perbatasan. Jadi di warung sana mau istirahat sebentar. Ya, satu jam lah baru lanjut, jadi jam 12 malam saya target lagi sampe di Kotamobagu,” yakinnya sambil menunjuk tempat istirahat di warung makan yang ada di pintu gerbang masuk Desa Molosifat Kec. Popayato Barat Kab. Pohuwato Gorontalo. (hcb)

Laporan : Hasan Cl. Bunyu

Silakan komentar Anda Disini....